Friday, June 1, 2018

Manfaat Komplit Daun Sirih Untuk Kesehatan

Pembahasan Lengkap, Khasiat, Manfaat dan Kandungan Daun Sirih Untuk Pengobatan Alami

Tanaman sirih yang notabene bentuknya mudah dikenali yaitu berbentuk hati memiliki berbagai jenis dan manfaat yang berbeda untuk kesehatan, untuk di Indonesia sendiri yang paling sering kita lihat dan dimanfaatkan yaitu jenis daun sirih merah dan daun sirih hijau. Sirih yang biasanya diidentikan dengan kata nyirih (nyereuh - sunda), kegiatan ini banyak dilakukan orang tua jaman dulu, tetapi untuk sekarang hanya tinggal dibeberapa daerah saja, serta sebagian orang yang masih melakukanya. Tak hanya jenis sirih hijau, merah dan hitam yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan atau terapi herbal, ada juga sirih yang biasa dikonsumsi untuk lalapan salah satunya adalah jenis sirih irian, sedangkan yang memiliki ukuran kerdil/kecil yaitu jenis sirih hati, sirih jenis ini sangat unik karena bentuk daun dan ukurannya yang relatif sangat kecil yaitu seukuran uang koin.

Selanjutnya adalah sirih philipine, sirih ini termasuk kategori tanaman sirih yang langka, sebenarnya agak mirip dengan sirih merah, tetapi ada yang membedakannya yaitu pada bagian bawah daun tidak berwarna merah.

Sirih merah, tanaman sirih merah yang biasa dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan herbal, saya rasa Anda sudah tahu beberapa hal tentang khasiat dan manfaat dari sirih merah sebagai pengobatan alternatif alami yang sangat ampuh.

Sirih hitam, sedikit berbeda manfaat sirih hitam dari jenis sirih lainya, yang membedakannya adalah pemanfaatan dari sirih jenis ini sendiri,  Sirih hitam banyak digunakan untuk upacara adat, ritual, atau upacara penyambutan tamu dan biasa juga digunakan sebagai sarat (syarat) orang sunda bilang. Untuk cirinya sangat jelas, yang pertama berwarna hitam, dan yang ajaibnya lagi meskipun telah dikeringkan warnanya akan tetap sama yaitu tetap berwarna hitam.

Sirih Keraton (Sirih Wulung), tanaman sirih wulung juga termasuk jenis sirih yang sangat langka untuk dibeberapa daerah, tetapi untuk didaerah jawa barat saya sering melihatnya dipekarangan atau halaman rumah sebagai tanaman hias, tetapi sebenarnya sirih wulung dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Untuk mengenali sirih keraton/ sirih wulung tidaklah sulit, ciri-siri khusus sirih jenis ini adalah, akan berubah warna menjadi keunguan jika terkena sinar matahari.

Daun Sirih Hijau, sirih jenis ini salah satu yang banyak dibudidayakan,, itu semua karena khasiat dan manfaat serta peran penting yang dimiliki sirih hijau dalam dunia pengobatan, dan banyak tersebar dihampir seluruh wilayah nusantara. 

Sirih Gading, Mengapa dinamai daun sirih gading?? bentuknya yang sam dengan sirih hijau, hanya saja dari segi warna beda, sirih gading memiliki warna hijau muda kekuningan, dan biasanya ciri yang sangat mudah dilihat adalah terdapat guratan kuning/ bercak kuning gading pada warna hijau yang dominan pada daunnya.  Jenis sirih gading biasa dimanfaatkan sebagai tanaman obat.

Sirih Jalu, Jenis ini memiliki warna kuning di tengah serta pada bagian pangkal daunnya.

Sirih memiliki nama lati piper bater, pemanfaatanya juga sangat beragam dimulai untuk nyirih (nyereuh dalam bahasa sunda), biasa juga digunakan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit. selain itu daun sirih memiliki kandungan yang sangat melegenda yaitu minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betlephenol), pati, seskuiterpen, diatase, gula, kavikol, dan zat samak oleh karenanya daun sirih mampu membunuh kuman dan jamur. Hal ini diperjelas dengan banyaknya produk sabun (sabun khusus wanita untuk membersihkan organ v) yang dibuat dari bahan alami daun sirih, dan produk produk lainya yang masih sama, yaitu daun sirih sebagai komposisi utamanya. Apa saja manfaat daun sirih untuk pengobatan alami, simak berikut ini  :
  • untuk mengatasi bau badan
  • untuk mengobati sakit mata karena iritasi
  • digunakan untuk membersihkan organ itim pada wanita
  • untuk mengobati keputihan, 
  • manfaat sirih untuk mengobati penyakit DBD (demam berdarah)
  • menghilangkan bau tak sedap pada miss v, untuk melancarkan haid, 
  • untuk mengurangi produksi ASI berlebih
  • daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut, membersihkan kuman
  • untuk mengobati penyakit sifilis secara alami
  • daun sirih sebagai obat sariawan alami, 
  • daun sirih untuk obat radang tenggorokan, mengobati batuh berdahak, 
  • manfaat sirih untuk mengobati penyakit gusi berdarah
  • manfaat sirih sebagai obat luka luar alami, untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi
  • untuk wanita, biasa digunakan unruk melancarkan haid (menstruasi)
  • daun sirih mampu mengobati penyakit jantung dan bronchitis.
  • manfaat alami daun sirih untuk menghentikan pendarahan dan menahan pendarahan
  • untuk mengobati gangguan dan mengatasi gangguan saluran pencernaan dan diare
  • sebagai obat asma alami
Terlepas dari semua kandungan daun sirih, manfaat daun sirih, serta khasiat dan keampuhan daun sirih untuk pengobatan alami, pernahkah Anda berpikir mengapa orang tua kita pada jaman dahulu mengetahuinya, padahal pada jamanya teknologi dan penyebaran informasi belum begitu gencar seperti sekarang, tetapi mereka tahu banyak hal tentang khasiat dan manfaat daun sirih untuk pengobatan alami berbagai masalah penyakit, contoh sederhananya "dulu waktu masih kecil saya sering melihat nenek saya mengobati matadengan air rebusan daun sirih, dan waktu saya masih kecil pernah mengalami mimisan, dan ibu saya mengambil daun sirih untuk mengobatinya, dan saya tanya  pada ibu saya "biar apa menggunakan daun sirih? dan ia hanya bilang biar sembuh, tanpa tahu apa kandungan yang ada didalamnya,, itu hanya sedikit cerita tentang kehebatan daun sirih sebagai obat alami yang sangat mujarab dan ampuh sebagai obat alami. Sebenarnya masih banyak pengobatan lainya dengan sirih yang diwariskan secara turun temurun oleh leluhur kita/orang tua kita, padahal mereka belum atau bahkan mungkin tidak mengetahui sama sekali kandungan dan senyawa yang ada didalamnya. 

Oleh karenanya daun sirih adalah salah satu tanaman obat yang paling banyak dicari dan digunakan sebagai bahan pengobatan herbal alami. Berikut ini kandungan daun sirih lengkap (dalam 100g daun sirih)   :
  • Potasium 550 mg
  • Fosfor  40 mg
  • Zat besi 11 mg
  • Vitamin B1 (Tiamina) 0.15 g
  • Protein 3g
  • Serat pangan 2g
  • Vitamin C (asam askorbat) 3 mg
  • Sodium 7 mg
  • Vitamin B3 (Niasin) 0.7 mg
  • Karbohidrat 6 g
  • Air 85 g
  • Vitamin B12 (Riboflavin) 0.25 mg
  • Energi 44 kkal
  • Lemak 1 g
  • Mineral 2 g
  • Kalsium 230 mg

Manfaat daun sirih untuk menyembuhkan batuk secara alami

Di pedesaan masih banyak yang menggunakan ramuanherbal dari daun sirih untuk mengobati batuk secara alami, ini juga merupakan salah satu pengobatan tradisional yang diturunkan secara turun temurun dari orang tua kita jaman dahulu, caranya yaitu cukup dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan 400cc air, atau  satu setengah gelas, dan biarkan mendidih dan satu gelas, minum selagi hangat, konsumsi obat herbal alami untuk batuk dari daun sirih dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Manfaat daun sirih untuk mengobati mimisan, sariawan dan pendarahan dihidung secara alami

Hal ini sudah banyak dikatehui sejak lama, selain itu juga pengobatan alami untuk mimisan, sariawan, dan masalah hidung berdarah dengan daun sirih secara alami telah diturunkan oleh orang tua kita bukan, Caranya,,, hanya dengan 1 lembar daun sirih, kemudian digulung sambil ditekan tekan seidikit agar daun sirih mengeluarkan minyaknya, ini digunakan untuk pengobatan mimisan. Sedangkan untuk pengobatan pendarahan pada hidung cara juga sama persis seperti diatas, ini berutujuan untuk menyumbat hidung yang berdarah.

Pengobatan diabet atau diabetes atau juga penyakit gula

Mengapa daun sirih sangat mujarab untuk mengobati diabetes??? pertanyaan anda pasti begitu, untuk jawabannya juga pasti karena kandungan yang ada pada daun sirih, jawabnya adalah karena daun sirih memiliki kandungan atau senyawa anti-diabetes yaitu seperti fosfor, kalium, betakaroten, asam folat, lutein, dan kalsium. Bagaimana cara membuat ramuannya ?? yaitu dengan cara mengekstraksi daun sirih, hal ini akan membuat kadar gula darah turun secara efektif dan ini merupakan cara alami yang sangat ampuh dan mujarab untuk pengobatan alami diabetes.

Pengobatan alami darah tinggi atau hipertensi dengan daun sirih

Penyebab hipertensi sudah kami bahas diartikel kemarin, dan anda bisa baca di post kemarin, Untuk pengobatan alternatif lainya selain dengan daun sirsak atau bahan herbal lainya, yaitu dengan menggunakan atau memanfaat ramuan dari daun sirih. Satu hal yang sangat pasti daun sirih mengandung minyak atsiri dan fenol yang perannya untuk menstabilkan tekanan darah.

Cara membuat ramuan daun sirih untuk hipertensi (darah tinggi)  :

siap beberapa lembar daun sirih (gunakan jenis daun sirih merah), rebus dengan 4 gelas air hingga menjadi 2 gelas air, 800cc >> 400 cc jika menggunakan gelas yang berukuran 200cc, campur dengan madu, dan minum 2 kali dalam sehari.

Manfaat daun sirih untuk kecantikan kulit ??

Ternyata daun sirih juga memiliki khasiat untuk merawat kulit wajah lho, diantaranya dalah untuk pengobatan jerawat, felk hitam atau bercak hitam pada wajah dan masalah kulit lainya. lagi lagi kandungan daun sirih yang sangat ajaib ini yang bermanfaat untuk kulit, yaitu senyawa anti-mikroba pada daun sirih, manfaatnya untuk melawan alergi, mengatasi ulserasi pada kulit, sebagai obat gal alami, bahkan hingga bau badanpun dapat diatasi dengan daun sirih.

Daun sirih untuk pengobatan tukak lambung

langsung saja, caranya yaitu dengan mengunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kemudial kulum selama 10 menit, dan buang ampas sisa anda kuluman tadi, Hal ini yang memiliki tugas untuk pengobatannya yaitu kandungan zat antiseptik dan Vitamin C yang memapu melawan kuman dan mengobati tukak lambung secara alami.

Daun sirih untuk mengobati sakit tenggorokan karena peradangan

untuk obati radang tenggorokan yang gejala awalnya yaitu rasa tak nyaman pada tenggorokan, terutama ketika saat menelan, dan yang menjadi penyebabnya tak jauh dari makanan yang kita konsumsi, tetapi terkadang juga karena cuaca dan kurangnya kita mengkonsumsi air putih. Untuk mengobati radang dengan daun sirih caranya sebagai berikut ini :
  • - siapkan 5 lembar daun sirih
  • - bersihkan daun sirih dari  debu atau kotoran yang menempel
  • - rebus daun sirih hanya dengan 2 gelas air (400cc) jika menggunakan gelas 200cc
  • - biarkan hingga matang, dan air yang tersisa tinggal 1 gelas (tersisa 200cc)
  • - catatan  :  untuk pengobatan herbal alami dengan air rebusan daun sirih untuk mengobati radang tenggorokokan lakukan 2x dalam sehari
Daun sirih untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka luar (luka bakar)

Masalah pada kulit memanglah sangat banyak yang menjadi penyebabnya,  kulit terbakar karena paparan sinar matahari serta suhu yang dingin, kasus ini biasanya terjadi pada para pendaki gunung, penyebabnya agak panjang, nanti lain kali akan saya bahas, contoh lainya kulit rusak (terbakar) karena terkena minyak panas, atau bisa juga kena knalpot kendaraan yang masih menyala, bisa juga dikarenakan kita lengah saat setrika baju, dan banyak penyebab penyebab lainya.

Untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit yang yang sebutkan diatas tadi, ialah dengan membuat obat alami dari daun sirih. Dengan daun sirih luka akan dicegah dari infeksi dan rasa sakit akan diredam, mengapa?? itu semua karena daun sirih memiliki kandungan anti septik diantaranya seperti chavicols dan polyphenol, peranannya yaitu mampu melawan kuman kuman yang jadi penyebab rasa sakit. Hal ini juga yang menyebabkan daun sirih banyak digunakan sebagai sabun kecantikan berkhasiat tinggi, dan sabun daun sirih banyak digunakan oleh para wanita baik ibu ibu maupun yang masih remaja, hampir sebagian besar sabun untuk area khusus wanita ini terbuat dari bahan alami daun sirih.

Daun sirih untuk pengobatan gusi dan gigi yang bengkak

Bagaimana caranya ?? nah untuk mengobati gigi dan gusi yang bengkak, sekaligus menghilangkan bau mulut, gusi berdarah dan yang berkaitan dengan masalah ini, mengatasinya sangat mudah, yaitu dengan berkumur dengan air rebusan daun sirih.

Manfaat daun sirih untuk mengobati asma secara alami

Yang selanjutnya dalah manfaat daun sirih untuk mengobati asma secara alami, Untuk mendapatkan ramuan herbal berkhasiat tinggi dalam pengobatan asma dengan cara alami yaitu sebagai berikut  : rebus 4 hingga 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Rebus hingga tersisa satu gelas. Setelah itu, minum air daun sirih direbus ini rutin 2 hingga 3 gelas dalam sehari.

Manfaat alami daun sirih untuk keputihan dan membersihkan organ intim pada wanita
Sudah menjadi rahasia umum jika daun sirih sangat efektif dan banyak dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang satu ini, kandungan antiseptik, antimikroba dan kandungan lainya pada daun sirih memiliki manfaat yang sangat berkhasiat untuk mengatasi keputihan. Terbukti dengan banyaknya sabun khusus untuk mengatasi masalah keputih dan area miss v pada wanita yang dibuat dari bahan alami daun sirih. Untuk membuat sendiri ramuan ini juga tak sulit, caranya yaitu dengan meminum air rebusan daun sirih, selain itu dengan mencuci area intim dengan air rebusan daun sirih.

Masih banyak sebenarnya pembahasan yang belum kami ulas/review tentang khasiat dan manfaat alami daun sirih untuk pengobatan dan penyembuhan, salah satunya yang belum kami ulas adalah mengenai manfaat daun sirih untuk mengobati penyakit mata/ untuk pengobatan iritasi mata secara alami dengan daun sirih, dan manfaat manfaat lainya, lain waktu jika da kesempatan akan kami bahas. Demikian artikel ini, mohon maaf jika da kekurangan, Terima Kasih sudah bersedia berkunjung dan membaca artikel ini.

0 comments: