Sunday, July 8, 2018

update terbaru surat edaran susu kental manis

Informasi Terbaru, Tentang Surat Edaran Susu Kental Manis

Yah beberapa hari ini rmai sekali pembicaraan yang membahas isi surat edaran BPOM tentang susu kental manis, begitu juga dikalangan masyarakat, tanggapan mereka sangatlah beragam dan ada beberapa hal yang membuat mereka tak paham dengan apa yang di maksud dari isi surat edaran. 

Bagaimana isi lengkap 2 lembar surat edaran tersebut??
Apa inti kajian dalam edaran susu kental manis tersebut??
apa larangan pada edaran 2018 ini??
Bagaimana kita harus menanggapi hal ini??

Apakah yang menjadikannya sebuah kontroversi baru-barus ini, hingga beberapa orang menyebutkan bahwa produk ini adalah penipuan publik dan menyebabkan pelarangan sebagaimana tertera pada surat edaran yang dikeluarkan BPOM, berikut isi edaran teranyarnya  :

Intinya saja, dari yang saya simak, pada intinya ada 4 larangan yang dikemukakan pada lembaran tersebut, diantaranya  :
  • 1.Dilarang menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 (lima) tahun dalam bentuk apapun.
  • 2.Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3 disertakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelenglap zat gizi. Produk susu lain, antara lain susu sapi/ susu yang dipasteurisasi/ susu yang disterilisasi/ susu formula/ susu pertumbuhan.
  • 3.Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/atau susu dalam gelas serta disajika  dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.
  • 4.Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak
Bagaimana tanggapan masyarakat,,,?? 
Sebagian besar ada beberapa masyarakat yang kurang memahami, mereka menyangka ini adalah pelarangan dalam mengkonsumsi susu kental manis, padahal isinya bukan tentang itu, melainkan kita harus bijak dalam minum atau konsumsi minuman ini.

Edaran BPOM No HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 yang ditandatangani Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Suratmono. 

Jadi pada edaran yang terbit tahun 2018 ini BPOM mengingatkan kembali  Pasal 100 ayat (1) dan Pasal 104 ayat (1) Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan dan Pasal (5) ayat (1) dan Pasal 44 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 69 tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan yang meminta agar iklan produk susu kental manis.

Bagaimana kelayakan susu kental manis??
memangnya apa kandungan komposisi susu kental manis??


Satu hal yang pasti dari yang saya simak di berbagai media, susu kental manis tidak dianjurkan untuk balita, pastinya ini akan menjadi sebuah pertanyaan bukan, sebagaimana yang sebutkan tadi diatas. Beberapa ibu menganggap susu jenis ini sangat baik untuk pertumbuhan, seperti susu formula, tapi sebenarnya itu tidaklah benar, menurut Direktur Gizi Kemenkes yang bernama Doddy Izwardy beliau telah meminta kepada BPOM agar produk susu kental manis masuk kedalah jenis atau kategori susu bernutrisi sebagai penambah asupan gizi.

Kandungan Susu Kental Manis  :
Jadi yang jadi permasalah adalah beberapa produk susu kentak manis sebenarnya tidak mengandung susu, dengan kandungan gula yang sangat tinggi, untuk mengatasi masalah ini Badan Perlindungan Obat Dan Makanan menanggapi dengan beberapa isi edaran tadi, selain itu klain kandungan gizi yang terdapat pada kemasan produk tak sesuai dengan hasil penelitian yang ditemukan.

Jadi sekali lagi saya ingatkan untuk khalayak  :
  • susu kental manis tidak sama dengan susu cair, susu bubuk, dan bubuk analog
  • kandungan gula yang cukup tinggi pada susu kental manis
  • tidak cocok untuk bayi dan balita
  • tak boleh dijadikan acuan sebagai susu penambah gizi anak
  • kandungan lemak pada SKM tidak kurang dari 8%
  • kadar protein sekitar 6.5%
  • manfaat lain dari kental manis adalah dapat dijadikan sebagai topping makanan, seperti kopi, roti dll
Apakah ada efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi SKM (susu kental manis) ?
- Ada beberapa kental manis yang mengandung bahan yang menyebabkan alergi seperti yang mengandung komposisi kedelai dan protein ikan bersifat alergen pada beberapa orang.




      Thursday, July 5, 2018

      Ramuan Herbal Daun Sukun Obati Diabetes

      Ramuan Herbal Daun Sukun Obati Diabetes

      Siapa sangka ternyata daun sukun memiliki khasiat yang sangat efektif untuk mengobati diabetes, biasanya kita hanya memanfaatkan buahnya bukan, nah kali ini kami akan memberitahukan kepada kalayak agar mengetahui salah satu informasi kesehatan yang teramat penting, yaitu manfaat daun sukun untuk menurunkan kadar gula darah secara cepat dan tanpa efek samping.

      Ya pohon sukun merupakan tanaman yang cukup populer, buahnya biasa dibuat untuk pembuatan makanan ringan untuk menemani kopi atau teh manis dan biasa dibuat camilan untuk menemani waktu santai ya kan, apalagi untuk masyarakat yang berada di perkampungan sukun bukanlah hal yang baru, kita dapat dengan mudah menemukan makanan camilan ini, karena kita termasuk salah satu wilayah penyebaran pohon ini, terutama yang beriklim sejuk (tropis), dibalik kenikmatan buah dari tanaman ini ada sesuatu yang tersembunyi yaitu mampu mengatasi penyakit diabetes dengan efektif.

      Manfaat daun sukun untuk pengobatan diabetes didapati karena kandungan yang ada di dalamnya, daun herbal ini termasuk tanaman obat yang sangat manjur dan mujarab dalam mengobati diabetes. Senyawa yang terdapat pada daun sukun diantaranya adalah
      • Vitamin C
      • Hidrosianat
      • Kalsium
      • Karbohidrat
      • Asetilcolin
      • Fosfor
      • Asam amino essensial
      • Tannin
      • Zat Besi
      • Vitamin B2
      • Riboflavin
      • Vitamin B1
      • Lemak

      Pertanyaanya...!!!

      Mengapa daun sukun masuk ke dalam kategori pengobatan alternatif tradisional yang ampuh untuk mengobati diabetes??Kandungan apa yang berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah??Bagaimana mengobati diabetes secara tradisional dengan daun sukun???Bagaimana cara kerja kandungan pada daun sukun dalam mengatasi penyakit diabetes??


      Itu mungkin beberapa pertanyaan dalam pikiran Anda, saya pikir itulah beberapa hal yang mungkin menjadi buah pikir yang wajib anda ketahui sebagai informasi yang sangat penting.

      Yups, langsung saja pada intinya, untuk memulainya anda harus mengetahui akan hal ini. Jadi pernah ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kefektifan daun sukun sebagai daun herbal yang mampu mengatasi berbagai penyakit, salah satunya ialah penelitian yang dilakukan oleh para ahli kimia LIPI dan dari hasinya sangat mencengkan, apa itu??

      Daun sukun termasuk obat alami anti diabetes, pada daun sukun terdapat senyawa enzim Alfa Glukosasidase, nahh peran dari senyawa ini secara farmakologi bertugas sebagai kunci pembentukan glikoprotein, dan adanya pada tepian permukaan sel usus.

      Kemudian peran enzim ini juga sangat penting dan dibutuhkan dalam membantu proses metabolisme karbohidrat, tugasnya adalah sebagai pengurai karbohidrat dalam tubuh dan mengubahnya menjadi glukosa. Oleh karena hal itu daun sukun merupakan antidiabetes yang sangat potensial dalam menurunkan kadar gula darah.

      Next, Bagaimana cara pengolahan daun sukun untuk obat herbal diabetes??
      Daun sukun yang bagaimana yang efektif untuk obat diabetes?
      Apakah yang masih hijau?
      Yang masih dipohon??
      Apa daun sukun yang sudah kuning dan sudah jatuh??

      Nahh ikuti terus artikel ini, jadi yang dibutuhkan untuk dibuat obat alami diabetes adalah daun sukun yang berwarna hijau tua dan masih ada dipohon, jadi Anda harus memetiknya langsung di pohon sukunya, mengerti kan maksudnya!
      Yah jadi maksud saya, Anda harus naik atau menyuruh orang lain untuk naik ke pohon sukun dan memiliki daun yang memiliki warna hijau tua, cara lain untuk mendapatkan daun sukun tua adalah dengan menggunakan galah dan mengait dahan daunya agar lepas dari tangkainya.

      Berapa lembar daun sukun untuk membuat ramuan herbal obat diabtes ini??
      3 Lembar, jadi petiklah 3 lembar daun sukun

      Sudah dapat, apa yang harus dilakukan???
      Proses pembuatan jamu herbal daun sukun untuk sembuhkan diabetes melitus  :
      • Sediakan 3 helai daun sukun.
      • Cuci hingga bersih dari debu dan kotoran yang menempel pada daun sukun, apabila ada sarang laba laba dan sarang hewan kecil jangan lupa dibuang juga.
      • Cincang atau rajang daun sukun tersebut dengan pisau, ukurannya jangan terlalu kecil ya kira kira ukuran dan jeruk atau daun salamlah 3-4 cm setiap potongnya, ini ditujukan agar mempermudah anda dalam menyajikan ramuan ini, jadi ukuranya bisa Anda sesuaikan.
      • Penjemuran, daun sukun yang sudah dirajang tadi dijemur dibawah sinar matahari langsung, bolak balik jemuran dan harus dipastikan daun sukun benar-benar kering.
      • Setelah kering proses selanjutnya untuk membuat ramuan tradisional untuk mengobati diabetes adalah perebusan.
      • Rebus dengan 2 liter air, ingat “ jangan gunakan wajan atau panci yang terbuat dari alumunium, besi, jika bisa gunakan wajan yang dibuat dari tanah liat, atau yang berbahan stainless steel. Mengapa?? Karena saat daun sukun direbus pada bahan tersebut akan terjadi proses kimia dan membahayakan kesehatan.
      • Berpa lama?? Nah untuk kadar berapa lamanya waktu perebusan ramuan ini adalah tunggu hingga mendidih dan air rebusan tadi berupah ukuranya menjadi 1 liter. (rebus dua liter >> menjadi 1 liter)
      • Dinginkan rebusan daun sukun kering ini.
      • Konsumsi, minum ramuan obat tradisional ini secara rutin dan berkala untuk mengobati diabetes.
      • Rasanya pahit??? Hhhe :D,, yah memang rasanya agak sedikit pahit, untuk mengatasi hal ini tambahkan sedikit madu murni pada gelas setiap kali anda mau meminumnya.
      • Sisanya bagaimana?? Simpanlah dalam botol, ramuan diabetes dari sukun yang sudah didinginkan dapat Anda simpan di botol.

      Rutinlah, ini akan sangat membantu, berapa banyak harus minum obat tradisional ini?? Tak perlu banyak-banyak, secukupnya saja, tapi satu yang harus selalu di ingat, harus rutin dan berkala. Apakah ada yang menjual ramuan herbal ini di toko obat herbal?? Jawabanya saya kurang tahu, tapi jika tidak ada, buatlah sendiri tak sulit juga bukan. Terima Kasih sudah berkunjung, jangan lupa klik iklannya, itu akan sangat membantu.

      Apakah ada obat herbal yang sudah teruji untuk mengobati penyakit diabetes melitus?? 
      Jawabanya ada.
      • Jelly Gamat Gold
      • Xamthone
      Dibuat dari kulit manggis dan daun sirsak. Hubungi saja Admin kami.

      Tuesday, July 3, 2018

      Top Secreet, Rahasia Cantik Dan Sehat Orang Tua Zaman Dahulu

      Cantik, Sehat dan Berumur Panjang Ala Orang Tua zaman Dulu

      Sudah jadi pertanyaan sejak lama dibenak saya, mengapa orang tua kita zaman dahulu memiliki umur ratusah tahun atau setidaknya mendekati usia hampir seratus tahun, tidak mengalami kebongkokan, gigi  yang tetap utuh, dan kenapa mereka selalu terlihat awet muda. Tentunya ini menjadi pertanyaan yang mendasar, apakah kunci dari semua itu, rahasia hidup berumur panjang dan tanpa terserang penyakit yang trend di era milenial sebut saja stroke, jantung, kolesterol, diabetes, osteoporosis dan lain sebagainya.

      Ide artikel ini saya yulis karena tentang rasa penasaran, berawal dari buyut saya, waktu itu tertimpa lemari dan tanganya patah, tetapi yang membuat saya terkagum-kagum adalah hanya dengan hitungan bulan tanganya yang patah tersebut sembuh total dan tanpa efek gejala tertentu, padahal dengan usianya saat itu sekitar 96 tahunan, harusnya proses penyembuhan berjalan dengan lambat, anda mengerti maksudnya kan, kemudian selanjutnya adalah pengobatan yang hanya mengandalkan pengobatan tulang alternatif, dan tak menemui dokter sekali pun. Saya masih ingat betul ia hanya sering dibawakan ketela pohon (singkong) atau sampeu dalam bahasa sundanya, dan setiap hari ia pasti mengkonsumsinya 2-3 pohon, ia bilang "ini akan mempercepat proses penyembuhan tulang yang patah.

      Penyembuhan yang kedua ialah dengan di bantu obat alami cuka abu (cuka lebu-sunda), kata buyut saya, ini agar daging yang memar pada bagian yang patah mengempis dan melancarkan kembali peredaran darahnya, tetapi apa yang terjadi benar-benar di luar nalar saya, buyut saya sembuh dan bisa beraktifitas normal kembali, bisa mengangkat beban lagi, dan satu lagi yang membuat saya benar benar heran adalah ia masih bisa pergi ke sawah dan ke ladang, meskipun hanya melihat-lihat, karena anak dan cucunya melarangnya untuk beraktifitas seperti dulu, yak maklumlah dengan usia tersebut keluarga sangat khawatir.

      Yang kedua yang menjadi ide dalam penulisan artikel ini adalah ketika saya berkunjung ke rumah seorang teman, dan ibunya kebetulan seorang pesinden dalam grup pewayangan dan kesenian tradisional seperti calung dan bajidoran, dengan usia yang lebih dari empat puluh tahun dan hampir mencapai umur lima puluh tahunan tetapi ia masih terlihat sangat muda, dengan kulit wajah masih terlihat kencang, dan tak ada keriput sama sekali, tak ada tanpa penuaan signifikan yang terlihat diwajahnya.

      Singkat cerita dalam kunjungan tersebut saya memberanikan diri untuk bertanya kepada ibu teman saya, Ibu mengapa masih terlihat muda, apa rahasianya,,,?? Ia hanya tersenyum simpul,, dan disanalah saya temukan jawaban yang selama ini menjadi rahasia selama puluhan tahun, dan disinilah saya mulai ingin menceritakan kisahnya yang mungkin dapat menjadi inspirasi, terutama untuk kaum hawa, ini rahasia cantik ala wanita zaman dahulu, rahasia yang membuat mereka awet muda.

      Lalu mulailah ia bercerita dengan diawali beberapa pertanyaan yang sudah lama menjadi pertanyaaan umum yang ingin diketahui jawabanya oleh setiap wanita.

                  “ Kalian tahu tidak mengapa orang tua zaman dahulu, apalagi para selir raja yang ada dikeraton, mengapa mereka selalu tampil memikat??
       Selalu terlihat cantik saat dilihat??
              Mengapa para pesinden selalu digandurungi para lelaki??

      Semua itu berasal dari beberapa hal, yang pertama ada istilah cantik dari dalam atau kalau sekarang lebih dikenal dengan istilah inner beauty dan yang kedua adalah cantik dari luar, agar mereka selalu menarik saat dilihat.

      Pisahkan itu, kita bahas dulu dari cantik dari dalam (inner beauty), Bagaimana caranya kita mengeluarkan aura kecantikan dari dalam, mau tahu kan jawabanya??

                  Ya, ituk bisa kita dapatkan dengan melakukan meditasi, itu akan memancarkan aura yang terpendam dari dalam diri kita, begitulah kira kira yang bunda teman saya bilang.
      Bagaimana caranya??

                  “ Tak sulit, kita bisa menggunakan media kembang yang memiliki aroma wewangian yang menyegarkan, itu juga manfaatnya dapat melepas stress dalam diri kita lho,, cara seperti ini, pertama kita bisa gunakan bunga mawar, jika bisa, carilah bunganya yang akan mekar, lalu taruhlah kuncup bunga terbut pada mangkok atau gelas yang sudah dikasih air, lalu bawa ke kamar kalian, kemudian duduklah kamu bersila didepan kembang tersebut.

                  Lalu proses selanjutnya gimana??
      Tinggal duduk saja, dan berkonsentrasi, hiruplah nafas dalam dalam dan buang dengan teratur, dan jika bisa rasakanlah aroma wangi kembang tersebut hingga bunga mawar tersebut mekar.

      Itu yang pertama, yang kedua bisa menggunakan bahan wewangian dari daun pandan, cara rebus daun pendan beberapa lembar dan masukan ke wadah, prosesnya sama seperti tadi.

      Lalu apa lagi rahasi kencatikan orang tua zaman dahulu???
                  “ apa lagi ya,,, ibu teman saya bergumam,,,” hmm ada ada,, setelah bunga mawar tadi mekar, pakailah untuk mandi, itu juga sangat bermanfaat untuk membuat tubuh kita agar tidak bau badan,,, bisa juga gunakan mandi kembang dengan bunga melati atau bunga anggrek, wanginya sangat menyerbak dan khas, itu akan menempel da awet harumnya pada kulitmu.

      Apakah pake mantra atau jampi-jampi bu??
              Halahh nggak,,, jadi manfaat mandi kembang itu sebenarnya adalah untuk kulit tubuh, yaitu kandungan zat yang ada pada bunga mawar, yang sangat baik untuk tubuh akan diserap melalui pori pori kulit, dan itulah yang dapat membantu mengatasi bau badan.

      Lalu mengapa orang tua zama dulu dapat hidup hingga ratusan tahun??
      terus mereka dapat terlihat awet muda?

                  “Sebenarnya jika kita membahas hal ini tidak akan selesai hanya dengan satu hari, cuman kita dapat mengambil inti atau sari pati dari beberapa hal yang biasa mereka lakukan, seperti apa yang mereka makan, mereka minum, apa yang dilakukan, pengobatan, semua benar-benar dilakukan dengan cara alami, mungkin juga udara yang masih bersih dan belum banyak polusi seperti sekarang ini sangat berperan penting dalam hal ini, soalnya kenapa?? Kita tahu kan, kebanyak hanya orang tua- orang tua yang hidup dikampung saja yang mengalami katakanlah mukzijat berumur panjang ini, kalian bisa lihat sendiri kan, jika pun mereka sakit paling juga sakit flu.

      Lantas mengapa kita tidak beripikir kesana, Itu mungkin alasan yang sangat logis kan ya,, dan yang kedua adalah orang tua pada zaman dulu, mereka tak hanya hidup dengan keyakinan lahiriyah atau kita sekarang menyebutnya dengan jasmani, jadi mereka itu juga sangat yakin dan mungkin juga karena pengaruh budaya yang masih sangat kental pada saat itu, apa itu? mereka sangat kental dengan batiniyah contoh yang bisa kita ambil dalam hal ini adalah meditasi, sekarang sudah banyak yang mengangkat isu ini bukan, banyak yang mengatakan jika meditasi sangat efektif untuk menghilangkan stress, dan ini yang ibu rasa membuat orang tua zaman dahulu awet muda, karena kunci dari semua penyakit adalah pikiran, jadi ada baiknya kalian tetap merasa baik, tetap merasa senang dengan pikiran kalian, saya jamin itu akan sangat membantu, terutama untuk masalah aura, agar wajah kalian selalu memancarkan rona wajah yang menyegarkan, enak dipandang, intinya aura kalian akan memancar, itu ada pikiran kalian.

      Lalu teman saya bertanya lagi, iya bener bu, kakek buyut saya juga waktu itu umurnya lebih dari seratus tahun, dan saat ia sakit parah, ia minta di antar ke toilet dan minta dibasuh kakinya, eehh pas keluar dia bisa jalan sendiri, padahal pas mau ke toilet ia harus di bopong,,
                  “Yahh itulah, memang ada beberapa hal yang tak dapat dijelaskan dan dapat dicerna secara mentah oleh pikiran kita, tetapi di balik semua itu ada beberapa hikmahnya juga buka untuk kita.

      Apa contohnya???
                  Ohhh banyak sekali,, seperti warisan pengobatan dengan bahan bahan herbal, misal mengobati darah tinggi dengan daun salam, belum lagi pengobatan dengan akar – akaran seperti pohon ki akar yang sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit, adalagi teh sirsak itu sudah ada sejak dahulu, daun sukun untuk pengobatan liver, kelapa muda yang dibakar tiu banyak di promosikan sekarang bukan untuk detoks alami tubuh, itu rahasia lama juga, ah banyak pokonya, obat alami dengan jamu, misal untuk mengobati sakit gigi, daun sirih (sereuh kalo orang sunda menyebutnya) untuk mengobati mata, belum lagi pengobatan dari batang batang pohon, dengan rempah-rempah, dengan daun daun alami dan masih banyak lagi yang lainya, dan ibu rasa itu merupakan salah satu warisan pengobatan yang sangat wajib untuk diturunkan.

      Teman saya bilang “ bener juga ya bu, padahal waktu dulu belum banyak penelitian dilakukan untuk meneliti tentang kandungan suatu bahan organik atau herbal, tetapi orang tua jaman dahulu sudah mengetahui apa saja kandungan didalamnya,, sungguh sangat mengherankan sekali.

      Bu apakah ada rahasia lain untuk merawat wajah gitu misalnya,, atau intinya untuk merawat kecantikan ala-ala jaman dulu tapi yang sangat ampuh??
                  “Ohh ada,, itu sangat mudah..
      Gimana caranya?? Yang mudah dicari kalo bisa banhanya bu??
                  “ nih untuk merawat wajah, agar wajah selalu kencang, tak ada bercak hitam, tak jerawat, bahkan bekas jerawat pun akan kabur, yaitu dengan rutin memakai masker lidah buaya setiap malam, sebelum tidur.
                  “ untuk memutihkan wajah, bisa gunakan endapan air perasan beras, jadi saat beras di cuci, jangan buang airnya, terutama bilasan air yang pertama  dan yang kedua, endapkan air tersebut, dan nanti buang airnya, lihat dibawah wadah pasti ada sesuatu yang lengket mirip adonan tepung yang sudah kena air, nahh aci tersebutlah yang kita gunakan masker wajah alami, coba saja sendiri, ibu jamin hanya dalam beberapa minggu wajah kamu akan cerah, putih bersinar dengan sendirinya.

      Rahasia lainya adalah jangan mudah stress, cepet tua, candanya, sambil tertawa,, Oh iya ini juga kamu harus tahu, jangan lupa minum teh setiap pagi, itu ibu wajibkan, kata orang tua zaman dulu mah sangat baik untuk membuang racun dalam tubuh.
      Apa lagi ya?? Intinya selalu lakukan pola hidup sehat, dengan minum yang cukup, makan yang teratur, pola hidup yang sehat, tidur yang cukup, olahraga yang teratur, dan selalu perbanyak makanan makanan yang alami misal sayuran sayuran hijau, jadikan lalapan juga boleh, buah buahan.

      Hikmah Yang Bisa Kita Petik Dari Kutipan Diatas  :
      • 1. Ilmu kecantikan itu sudah ada sejak lama, ternyata banyak sekali bahan keefketifan bahan alami tak kalah hebat daro produk kecantikan yang saat ini marak di pasaran.
      • 2. Dilihat dari salah satu sudut pandang lain, bahan alami memiliki harga yang murah, dan mudah untuk dicari.
      • 3. warisan jaman dulu untuk pengobatan dan kecantikan sangatlah banyak, beberpa contohnya adalah jamu, luluran dengan bahan alami, mandi kembang, meditasi, maskeran dengan lidah buaya, dan lain sebagainya
      • 4. Masih banyak yang perlu di ungkap, rahasia besar tentang kecantikan dan pengobatan di negeri, yang terkadang terjadi diluar nalar pemikiran, tetapi fakta dan hasilnya sudah banyak terbukti.
      • 5. Tak hanya kebutuhan jasmani yang perlu di penuhi, jasmani dan rohani saling keterkaitan, ada benang merah yang saling terkait, jika hati kita dalam keadaan senang dan damai, itu akan jelas terlihat pada wajah kita, begitu juga dengan sebaliknya
      • 6. pengobatan berbagai penyakit dengan bahan alami, sekarang banyak di ikuti dan menjadi trends alternatif, dan sudah banyak dibuktikan dengan banyaknya penelitian ilmiah yang membuat kita bertambah yakin tentang kemampuan bahan herbal yang waktu digunakan oleh nenek moyang kita, contohnya pengobatan diabetes dengan daun daun herbal yang penuh manfaat.

      • 7. Begitu juga dengan perawatan kencantikan, bahan yang dahulu saat jaman woneng digunakan sebagai bahan alami, sekarang banyak digunakan sebagai bahan utama berbagai produk kecantikan terkenal, sebut saja produk dengan bahan lidah buaya, belum lagi dari tanaman rimpang, contohnya adalah cream temulawak, sabun pepaya, merawat wajah dengan kosmetik mengandung bahan madu, dan lain lainya.


      Sunday, June 24, 2018

      getah daun pohon betadine untuk obati luka

      Manfaat Getah Daun Tanaman Betadine Sebagai Antiseptic Alami Untuk Mengobati Luka Ringan Dan Atasi Penyakit Kulit

      Kita mengenal tanaman ini dengan nama daun betadine, yah dalam pengobatan tradisional pohon ini dimanfaatkan getah pada dahan, daun juga tangkainya untuk mengobati luka ringan, seperti luka teriris pisau, luka baret karena jatuh dari motor, akibat terkena knalpot panas, jatuh akibat dari sepeda, atasi luka borok pada kaki atau tangan dan masalah luka lainya pada kulit dengan tujuan untuk mempercepat pembekuan darah dan pecegahan dari infeksi. Di Indonesia setiap jenis tanaman obat keluarga (TOGA) akan mudah ditemukan, karena kebiasaan masyarakat kita yang sangat mengerti akan pentingnya pengobatan alami untuk pengobatan cepat tanggap atau pertolongan pertama, terbukti dengan bayaknya ditemukan pohon betadine dihalaman atau pekarangan rumah sering kita jumpai obat herbal alami untuk mengobati luka pada kulit ini.

      Sebagai obat alami untuk mengatasi luka ringan pada kulit, pohon betadine memiliki nama latin Jatropha mulitifida Linn, dengan ciri fisik sekilas mirip dengan daun pepaya (daun gedang - sunda), hanya saja lebih ramping dan mungil, jika kita mematahkan dahan atau daunya, akan sangat jelas terlihat getah kental yang berwarna bening yang tak lain itulah si obat alami yang sangat mujarab untuk menutup luka dengan cepat, saya sendiri saksi hidupnya, kisah ini berawal ketika sedang olahraga volley, biasa kalau dikampung setiap sore selalu diadakan pertandinga, dan lapang yang digunakan ialah lapang volley pasir, dan saat itu saya jatuh karena mencoba menyelamatkan bola agar tidak mati, dan singkat cerita akhirnya kaki dan tangan saya baret baret,,, lalu pak RT di tempat tinggal kami mengambil daun betadine, dan mengoleskan getahnya ke bagian yang luka setelah dicuci dengan air terlebih dahulu,,, tak sampai satu jam, dan hanya beberpa menit,, luka baret yang berdarah tersebut kering dan darahnya berhenti mengalir.

      Apa efek yang dirasakan ketika getah penisilin atau getah daun betadine terkena pada bagian yang luka??? ... Yang pertama adalah rasa perih/pedih, ada sensasi dingin ketika awal getah bening kekuningan mengenai kulit, sebelum melakukan pengobatan dengan getah daun betadine jangan lupa bersihkan dulu bagian yang luka tersebut dengan air bersih.

      Cara  pengobatan luka dengan getah daun betadine  :

      - bersihkan bagian yang luka dengan air
      - petik daun beserta tangkainya
      - saat getah bening kekuningan tersebut keluar,, langsung oleskan getah daun betadine/penisilin tersebut pada bagian yang luka
      - lakukan cara ini 3 kali sehari agar mempercepat penyembuhan luka

      - catatan  : jangan garuk saat proses penyembuhan, ini bertujuan agar tidak menimbulkan bekas luka, mengapa ??? karena pengobatan dengan getah daun betadine, proses penyembuhan luka akan lebih cepat kering, dan saat itulah pada bagian yang luka akan terdapat tapok dalam bahasa sundanya, atau biasa kita kenal dengan penjelasan kulit luka yang mengering/kotoran pada kulit akibat luka yang mengering.

      Mengapa getah daun betadine sangat efektif untuk mengobati luka???
      Memangnya apa kandungan daun betadine yang membuat efektif dalam pengobatan luka??
      Lalu apa saja manfaat lengkap pohon betadine??
      Kenapa dikenal dengan nama pohon betadine??

      Pohon ini lebih dikenal dengan nama pohon betadine karena khasiat dan kandungannya yang efektif untuk mengobati luka, persis seperti betadine yang dijual di toko/apotek. Pohon yodium atau pohon betadine memiliki kandungan betadin pada getahnya, komposisi tersebutlah yang berperan sebagai obat penyembuh luka terbuka pada kulit, memiliki kandungan antimikroba, memiliki kandungan yang mampu mencegah infeksi, sangat baik untuk sel kulit, mempercepat proses pengeringan luka, mambantu proses pembekuan darah pada bagian yang luka, berikut manfaat lengkap getah daun betadine :
      • - mencegah infeksi
      • - mempercepat pembukan darah, sehingga luka terbuka akan cepat kering
      • - sebagai antikuman (desinfektan)
      • - efektif membunuh bakteri
      • - mampu mengobati gatal pada kulit
      • - mampu menyembuhkan penyakit borok pada kulit
      • - sebagai obat alami sariawan
      • -  sebagai obat alami luka luar
      • - mampu mengobati herpes di kulit
      Biasanya kita mengenal betadine pada wadah, biasanya pada ples kecil.. bukan?? berwarna merah kecoklatan pada betadine cina atau ada juga produk sejnis dengan nama obat merah yang manfaatnya sama, yaitu untuk pengobatan pertama untuk mengatasi luka ringan yang tak perlu dijahit, Tetapi sekarang setelah Anda mengetahui manfaat dan kandungan tanaman betadine sangat mujarab untuk merawat luka, sebaiknya anda mulai membudidayakannya, caranya juga tak sulit anda hanya perlu stek tangkainya, dimana harus menanam pohon betadine?? terserah anda, pohon ini sangat mudah sekali untuk tumbuh, hanya dengan menacapkannya pada tanah, baik itu dihalaman, pekarangan rumah, dikebun atau dekat pagar, tak apa, karena tanaman betadine mudah untuk tumbuh dan tak perlu banyak perlakuan khusus. 

      Pohon betadine disetiap daerah memiliki sebutan atau istilah yang berbeda, beberapa daerah menyebutnya dengan nama jarak cina, ada juga yang memanggilnya belacai, kemudian jarak tintir, jarak gurita karena sekilas bentuknya yang mirip dengan hewan gurita, sedangkan untuk bahasa inggrisnya tanaman betadine disebut dengan nama coral plant, kalau afrika sebutanya adalah miodine.

      Cara lain untuk membudidayakan pohon betadine ialah dengan menyemai bijinya, bijinya persis seperti biji jarak atau mirip juga biji pohon kaliki, nah ambil biji yang sudah jatuh ditanah, yang sudah mekar atau meletak kering dengan sendirinya, kemudian semaikan ditanah, di tempat anda ingin menanam pohon betadin ini.

      Apakah ada kaitan antara pohon betadin dengan produk betadine yang ada di apotek??

      "Jawabanya Tidak" Tak ada kaitanya sama sekali antara pohon betadine dengan obat betadine yang ada dipasaran untuk obat lukam, hanya saja manfaatnya yang sama persis, yaitu untuk mengobati luka terbuka, dan mencegah infeksi,, Untuk kandungan getah daun betadine sendiri yaitu sebagai berikut ini  :  Kandungan Flavonoid pada tanaman betadine berperan sebagau antioksidan yang tugasnya untuk menetralisir radikal bebas, sehingga dapat meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan kutubuh, terutama kulit, oleh karena kandungan itu juga pohon betadine, terutama getahnya sangat efektif dalam menyembuhkan luka, persis seperti obat betadine cina atau obat betadine yang ada di apotek atau toko toko obat. Itulah kira kira penjelasan singkat mengenai khasiat, manfaat, kandungan senyawa yang ada daun, getah, pohon betadine untuk kulit, sebagai obat alami luka terbuka.

      Kami juga menjual produk yang sangat efektif untuk mengobati luka luar, untuk menghilangkan bekas luka, dengan nama Produk SM Minyak Ampuh.. untuk lebih jelasnya bisa Anda kik disini
      manfaat  :

      • untuk pengobatan luka luar
      • untuk mengtatasi borok dikulit
      • untuk menghilangkan bekas luka
      • untuk menghilangkan bekas jerawat
      • mempercepat proses penyembuhan luka
      • dll.. dll

      Wednesday, June 13, 2018

      ini nih rahasia pengobatan alami dengan daun salam

      Keefektifan Daun Salam Untuk Mengobati Penyakit Asam Urat Dengan Cara Alami

      Pada umumnya daun salam biasa digunakan untuk memasak, sebagai penambah aroma/ wangi harum pada makanan, contoh makanan yang biasa memanfaatkan daun salam adalah pais ayam, acar serta pindang ikan, tahu rebus, pasakan padang/warteg dengan bahan tempe dan berbagai olahan lainya. Ternyata dibalik semua kenikmatan itu ada sebuah rahasia yang sangat menakjubkan, yaitu kemujaraban khasiat daun salam untuk mengatasi penyakit asam urat dan sangat direkomendasikan, nanti akan kami bahas, mengapa daun salam sangat disarankan untuk pengobatan atau sebagai obat herbal asam urat,itu dibuktikan dengan klaim hasil penelitian resmi di berbagai study universitas dan asosiasi kesehatan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

      Pernah mendengar atau baru mengetahuinya?? memiliki nama latin Syzygium polyanthum, daun salam dimanfaatkan untuk mengobati penyakit asam urat, dan sudah banyak orang yang membuktikan pengobatan herbal ini dengan hasil yang amat memuaskan, ada beberapa hal yang perlu dan wajib Anda ketahui tentang fakta-fakta kandungan dan manfaat daun salam, serta alasan kenapa daun salam mampu dan sangat efektif secara cepat mengatasi asam urat tinggi dan menormalkan kembali kadar darah.

      Pertama, ketahui dulu kandungan lengkap daun salam yang berperan dan memiliki tugas dalam mengatasi penyakit asam urat, yah salam atau daun salam yang merupakan tanaman rempah ini memiliki kandungan lengkap yang spesial dan sangat cepat tanggap menangani masalah asam urat, dengan ramuan herbal daun salam proses pengobatan asam urat terjadi 3 kali lebih cepat dari obat alami dan obat kimia lainya, heran bukan, kenapa bisa begitu, ya itulah kelebihan yang dimiliki kandungan daun salam, langsung saja ini kandungan lengkapnya  :
      • Vitamin B12
      • linalool
      • kalsium
      • eugenol
      • kalium
      • limonene
      • Vitamin D
      • myrcene
      • Vitamin C
      • neral
      • Magnesium
      • Zat besi
      • a-terpineol
      • Vitamin B6
      • chavicol
      • Vitamin A
      • geranyl asetat
      • metil chavicol
      • serat pangan
      • protein
      • karbohidrat
      • lemak tak jenuh
      • a-pinene 
      • ß-pinene
      Ini nih rahasia besar daun salam, Pertanyaanya ' kandungan pada daun salam yang berperan sebagai obat alternatif dan bereaksi cepat menurunkan asam urat tinggi?? itukan... nah jadi kandungan yang peranya sangat besar yaitu Vitamin, Vitamin B Kompleks, mereka bekerja secara optimal mengatasi asam urat tinggi. Pada tubuh manusia terdapat zat tanin, kandungan vitamin B kompleks dan vitamin berperan mencegah dan mengatasi penumpukan zat tanin yang menjadi penyebab timbulnya penyakit asam urat ini, kandungan lain yang mempunyai manfaat obat asam urat dalam daun salam adalah zat fitonutrien.

      Cara membuat ramuan herbal asam urat dari daun salam  :

      • untuk proses pertamanya adalah, sediakan 20-25 lembar daun salam, kemudian cuci hingga bersih (buang kotoran dan debu yang menempel pada daun)
      • siapkan wajan ayng dilapisi marmer atau jika punya, gunakan wajan yang terbuat dari tanah liat,itu lebih bagus. Jangan gunakan wajan/panci yang terbuat dari bahan aluminium atau besi langsung, mengapa??? itu karena daun salam bersifat korosif, dan ini ditujukan untuk pengobatan, nanti akan kami bahas, di artikel berikutnya, tentang daun dan batang tanaman yang bersifat korosif.
      • selanjutnya adalah proses perebusan, masak daun salam dengan 8 gelas air, biarkan hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya atau 800cc (4cup)
      • dinginkan, dan minum ramuan herbal daun salam untuk mengobati asam urat ini 3x dalam sehari, minum secara rutin dan berkala. 
      Kelebihan daun salam dalam menurunkan asam secara cepat dan itu 3x lebih cepat dari pengobatan dengan bahan lainya, baik dengan bahan alami mamupun obat obatan kimia, itu semua karena peranan besar khasiat kandungan yang ada pada tanaman obat ini.

      Asam Urat, Penyebab, Gejala dan Makanan Yang perlu Dihindari

      Uric Acid Atau asam urat atau ada juga istilah lainya yaitu urate, merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian, penyakit ini memiliki gejala ada rasa nyeri pada sendi, terkadang ruam merah, radang dan bengkak, terkadang sangat sulit untuk digerakan jika pada penderita asam urat akut, atau isitilahnya asam urat tinggi akan merasakan sakit saat digerakan.

      Penyebab asam urat tinggi adalah kristal asam urat yang menumpuk, mengapa bisa menumpuk?? itu karena salah satu organ dalam tubuh yang berperan penting yaitu ginjal tak mampu mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh. Asal muasalnya dari makanan yang kita konsumsi, yah itu bukanlah hal yang baru,, hampir semua penyakit berasal dari makanan dan pola hidup yang tak sehat, dan asam urat juga termasuk salah satunya, yaitu anda terlalu banyak mengonsumsi zat purin, yang notabene merupakan zat yang menjadi asam urat.

      Lalu makanan apa saja yang menjadi pantangan pasien atau penderita penyakit asam urat ???

      Hmm ini sangatlah banyak, tak perlu bersedih, anda akan sembuh jika menuruti apa yang kami sarankan dengan melakukan pengobatan alternatif dengan rempah daun salam. Ingat ini beberapa pantangan makanan yang harus anda hindari, turuti jika Anda ingin sembuh dan tak kambuh lagi.

      Makanan yang dipantang untuk penderita penyakit asam urat  :

      - makanan dari kategori berasal dari hewan  :
      • ikan, beberapa jenis ikan yang harus anda hindari, yang pertama adalah ikan lele, ikan sarden, ikan teri dan ikan lainya yang memiliki kandungan protein, lemak dan darah tinggi.
      • kategori makanan kaleng, ada banyak sekali produk jenis ini, makanan yang dikalengkan seperti sarden, sotong, cumi, kornet sapi, daging babi, dll
      • udang, kepting, keong, belut
      • daging yang diekstraksi, seperti dengdeng sapi, abon daging ayam, dan sejenisnya
      • pasakan daging kalkun, bebek bakar atau dimasak, goreng daging angsa dan olahan daging ini sebaiknya dihindari
      • olahan kacang kedelai sperti tempe, tauco, tahu, oncom dan tak terlewat susu kedelai
      • hindari pasakan makanan yang bersantan, daging yang dipasak maupun digoreng, terutama yang dimasak dengan mentega atau margarin, termasuk juga olahan masakan yang dibuat berkaldu gurih, kuah daging yang sangat kental
      • dari kategori buah, ada durian, air kelapa dan nanas
      Itulah beberapa makanan dan buah yang perlu anda perhatikan sebelum mengkonsumsinya, lalu saya harus makan apa??? buah apa yang boleh dikonsumsi?? jika sayur, harus sayur apa yang boleh dimakan??.. yups,, simak berikut ini.

      • brokoli
      • kentang
      • kacang panjang 
      • ikan kakap
      • jagung
      • ikan kod
      • talas
      • ubi singkong
      • nasi
      • bihun
      • Wortel
      • Apel
      • Pisang
      • Ceri
      • Semangka
      • Melon
      • Labu siam
      • Kacang panjang
      • Terong
      • Pare
      • Oyong
      • Mentimun
      • Labu air
      • Selada
      • Tomat
      • Lobak
      • telur 
      • susu
      Itu adalah beberapa contoh makanan yang boleh dan buah yang sangat di anjurkan untuk penderita diabetes, untuk meyakinkan, sbeiknya konsultasi pada doketer, dan tanyakan padanya makanan dan buah buahan yang boleh untuk di konsumsi dan pantangan apa saja yang tidak diasankan untuk panyakit asam urat, dan jangan lupa tanyakan pengaturan menu makanan dan caranya.

      Saya yakin Anda pernah mendengar sebuah peribahasa yang sangat bijak, dengan kalimat "mencegah lebih baik dari mengobati" dan sebuah peribahasa yang mengatakan "akan terasa mahalnya sehat saat anda sedang sakit", dan mungkin Anda sedang merasakannya,, oleh karena itu kami akan beritahukan kepada anda tentang bagaimana pencegahan penyakit asam urat, terus ikuti artikel ini sampai tuntas.

      Cara Mencegah Asam Urat  :
      • 1. jika anda penyuka kopi, sebaiknya batasi dan minumlah secukupnya saja, seperti sekali sehari.
      • 2. konsumsi buah dan makanan yang mengandung antioksidan tinggi, salah satunya ada pada daun salam
      • 3. pola hidup sehat, olahraga teratur, makan yang terjaga, dan tidur yang cukup
      • 4. selalu cukupi kebutuhan tubuh akan air putih
      • 5. hindari minuman berakohol
      Sangat disarankan :

      Olahraga yang rutin, sudah bukan rahasia lagi, jika salah satu kunci untuk hidup sehat dan menghindari penyakit adalah dengan berolahraga, dengan berkala baik seminggu sekali, 2-3 kali dalam satu minggu akan membantu proses pencegahan melambungnya kadar asam urat, apalagi jika kerja anda hanya duduk di kursi dan berlama lama didepan layar koputer, sebaiknya berolahraga, yang paling mudah adalah lari pagi, jogging setiap hari libur akhir pekan, atau bisa juga futsal, volly, dan hal lainya, yang penting berkeringat dan kalori terbakar.

      jaga pola makan, agar terhindar dari obesitas. menjaga pola makan agar terhindar dari berat badan berlebih, dengan melakukan diet sehat, olahraga teratur, itu akan membuat anda terhindar dari obesitas, mengapa sangat ditekankan dibagian ini?? yahh salah satu penyebab asam urat tinggi disebabkan karena obesitas, titik.

      Ada beberapa buah, yang tadi saya sebutkan diatas seperti strawberry, buah cerry, kulit manggis dan yang lainya yang sudah saya sebutkan tadi, itu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan itu berperan atau memiliki tugas hebat yaitu menjaga kadar asam urat dalam darah, dan efektif menurunkan kadar asam urat.

      Lalu bagaimana dengan mencukupi kebutuhan air putih?? 12 gelas air putih sehari adalah kunci utama untuk hidup yang sehat, dan teramat sangat disarankan, karena dengan kecukupan tubuh akan air putih akan membantu proses metabolisme tubuh, dengan lancarnya metabolisme secara otomati akan terhindar dari asam urat secara alami.

      Demikian artikel ini, semoga dengan pembahasan dan ulasan tentang manfaat daun salam untun mengatasi asam urat, bermanfaat untuk anda, tetap dukung blog ini dengan klik iklan yang menempel di blog. Terima Kasih

      Tuesday, June 12, 2018

      review manfaat daun dan bunga kembang sepatu

      Manfaat, cara membuat teh kembang sepatu dan rebusan daun wera (hibiscus),, Lengkap...!!

      Dibalik kencatikan tanaman bunga kembang sepatu yang sangat indah dipandang, karena pada dasarnya tanaman ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai tanaman hiasan dan biasa dirawat dihalaman rumah atau taman, memiliki beberapa jenis varian warna, perbedaan jenis kembang sepatu dapat dilihat dari warna bunganya, ada yang memiliki warna merah, ungu, pink (merah muda), kuning serta tak ketinggalan warna putih, tak ketinggalan jenis kembang sepatu yang sangat unik yaitu bunga sepatu gantung atau disebut juga worawari (Hibiscus schizopetalus (Mast.) , namun untuk mengenali bunga sepatu tak sulit, karena sangat jelas tanda tanda tanaman herbal ini, sebut saja memiliki 5 helai daun kelopak.

      Selain manfaatnya untuk memperindah taman atau halaman, bunga kembang sepatu dan daunya memiliki berguna juga sebagai tanaman obat, dan biasa digunakan obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan (penyakit) baik untuk pencegahan maupun untuk pengobatan, cara mengolahnya pun sangat beragam, dimulai dibuat menjadi teh kembang sepatu, atau direbus dan dimanfaatkan airnya sebagai ramuan herbal, dan ada juga pemanfaatan daun kembang sepatu untuk mengatasi masalah ketombe kerak dan rambut rontok, agar lebih jelas simak manfaat lengkapnya dibawah ini  :
      • sebagai obat alami untuk turunkan kadar kolesterol
      • sebagai obat herbal untuk menormalkan tekanan darah (hipertensi)
      • untuk mengatasi masalah Premenstrual Syndrom (PMS
      • sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit sulit kencing
      • untuk mengobati gondok
      • baik untuk mengatasi masalah peradangan tenggorokan, batuk
      • untuk perawatan kecantikan manfaatnya untuk mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan kulit
      • untuk mengatasi jerawat
      • untuk mengatasi flu dan sariawan
      • untuk meredakan panas demam
      • minuman penambah energi
      • obat herbal bronhitis
      • cocok untuk diet sehat
      • sebagai anti aging alami, mampu mengatasi radikal bebas
      • sebagai ramuan detox alami
      • untuk menyembuhkan diabetes secara alami
      • obat herbal untuk mengatasi masalah kencing nanah (Obat Gonorrhea)
      Bunga sepatu atau kembang sepatu atau jika di Indonesia memiliki sebutan lain seperti daun wera, memiliki nama latin (Hibiscus rosa-sinensis L.), berikut ini cara mengolah atau membuat ramuan herbal daun dan bunga kembang sepatu  :

      Diolah menjadi ramuan teh kembang sepatu  :

      • Petik beberapa helai bunga sepatu
      • Cuci dan bersihkan dari debu serta kotoran yang menempel
      • Potong kecil-kecil bunga sepatu, kira unuran 2-3 cm
      • Jemur dan keringkan, proses ini memerlukan 1-2 hari sampai benar benar kering, dan siap menjadi teh
      • Nah jika sudah kering, simpan di wadah yang tertutup, anda juga bisa menyetoknya, asalkan wadah yang digunakan untuk menyimpan kembang sepatu tertutup dan kedap udara.
      • dan yang terakhir, teh bunga sepatu siap dikonsumsi
      Cara penyeduhan teh kembang sepatu

      cara pertama, penyeduhan langsung  :
      1. masukan air panas ke teko atau pot teh
      2. selanjutnya masukan kembang sepatu yang sudah kering
      3. tambahkan gula putih atau madu, sesuaikan kadar manisnya sesuai selera anda
      4. biarkan beberapa menit hingga benar benar menyatu antara teh kembang sepatu dengan air panasnya
      5. selanjutnya saring kemudian tuangkan pada gelas
      cara kedua, rebus teh bunga sepatu
      1. siapkan wajan (jika bisa gunakan wajan yang dilapisi marmer atau lainya, asal jangan gunakan wajan/panci yang terbuat dari besi atau alumunium langsung)
      2. masukan teh kering kembang sepatunya, dengan air 6 gelas
      3. biarkan mendidih, sampai hanya tersisa 3 gelas
      4. masukan madu atau gula putih secukupnya
      5. dinginkan
      6. jeng jreeeng,, ramuan herbal teh kembang sepatu siap untuk di minum
      Minum 3x (3gelas/hari) untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, untuk mengatasi darah tinggi yang efektif, untuk mengobati diabetes, batuk, filek, flu dan sangat cocok untuk menurunkan berat badan (diet sehat), dan berbagai manfaat pengobatan lainya.

      Cara membuat ramuan daun bunga sepatu  :

      • petik beberapa lembar (5-10 helai) daun wera (daun hibiscus)
      • bersihkan dengan cara mencucinya, buang debu serta kotoran yang menempel pada daun
      • rebus dengan 8 gelas air atau kira kira 1600cc (jika dalam satu gelas ukuranya 200cc)
      • biarkan hingga matang dan hanya tersisa 4 gelas
      • dinginkan
      • dan ramuan herbal daun kembang sepatu siap digunakan
      manfaatnya  :
      - untuk mengobati masalah kulit kepala dan ketombe kerak dan scalp dandruff
      - untuk mengatasi masalah rambut rontok
      - untuk menghitamkan rambut secara alami
      - untuk melembutkan rambut

      cara pemakaian ramuan alami daun kembang sepatu :
      • setelah ramuan tersebut dingin, ramuan sudah siap digunakan
      • langkah pertamanya adalah basuhkan air rebusan daun wera tersbut pada rambut dan kulit kepala
      • pijat pijat, dan balurkan secara merata
      • biarkan hingga 15-30 menit, biarkan meresap, agar kandungan yang pada daun kembang sepatu bekerja secara optimal dalammengatasi masalah ketombe dan menyehatkan rambut
      Daun dan bunga kembang sepatu memang sangat efektif dan sudah di uji secara klinis diberbagai universitas dan oleh beberpa peneliti, sebut saja american hearth association, berdasarkan artikel yang diterbitkan pada tahun 2008, ternyata dengan mengkonsumsi 3x sehari teh bunga sepatu sangat efektif dalam mengatasi masalah hipertensi, dan proses menormalkan tekanan darah secara alami.

      Penelitian lainya adalah oleh Chung Shan Medical University yang merupakan sekolah tinggi terkemuka yang ada di Taiwan, para peneliti di universitas tersebut menyatakan teh kembang sepatu mengandung antioksidan yang sangat berguna dan memiliki peran efektif untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida di tubuh.

      Dibalik semua manfaat dan kemujaraban daun serta bunganya, tanaman kembang sepatu memiliki efek samping untuk kesehatan, jadi perlu diketahui dan anda ingat baik baik pesan berikut ini  :
      • pertama, sangat tidak dianjurkan untuk penderita darah rendah
      karena keefektifan kandungan dalam teh kembang sepatu yang sangat cepat menurunkan tekanan darah tinggi, maka pada pasien atau penderita riwayat penyakit darah rendah sangat tidak sarankan.
      • kedua, tidak dianjurkan untuk ibu hamil atau wanita yang sedang mengandung
      ada efek yang dinamakan emmenagogue, dan menyebabkan rangsangan untuk mentruasi, atau pendarahan, selain itu teh kembang sepatu juga tidak disarankan untuk yang sedang menjalani proses terapi hormon (sedang KB) singkatnya, jikapun anda ngotot untukminum teh herbal berkhasiat ini, sebaiknya lakukan konsultasi dahulu dengan ahli kesehatan yaitu dokter
      • ada beberap orang yang mengalami masalah alergi setelah mengkonsumsi teh herbal bunga sepatu, reaksi tersevut berupa mata gatal merah, sinus atau demam
      terima kasih, semoga dengan adanya artikel dapat menambah wawasan tentang ilmu sehat alami dengan bahan herbal yangada di sekitar kita.

      atasi hipertensi, kolesterol tinggi dan diabetes melitus dengan daun cincau

      Monday, June 11, 2018

      daun cincau hijau untuk atasi diabetes, hipertensi hingga radang lambung

      Manfaat Luar Biasa Daun Cincau Untuk Pengobatan Alami

      Dilihat sekilas manfaat daun cincau hijau hampir mirip dengan daun camcao (camcauh dalam bahasa sunda) dan juga sangat mirip dengan daun cuing, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan dalam bentuk dan rupanya, walaupun fungsi dan manfaatnya hampir sama, yaitu biasa dimanfaatkan untuk jelly yang dipakai pada es campur atau es dawet, atau biasa juga digunakan sebagai bahan tambahan es buah, selain populer saat bulan puasa (bulan ramadhan) daun cincau baik itu cincau hijau maupun cincau hitam selain sebagai gel atau dibuat minuman penyegar ternyata mempunyai khasiat yang sangat mencengangkan dan luar biasa untuk pengobatan berbagai penyakit. 

      Tumbuhan cincau hijau memiliki nama latin (C. barbata Myers.) biasa tumbuh di iklim yang sejuk, dan tumbuh merambat, dan akan terus merambat sampai beberapa meter, jika Anda punya tanaman ini di rumah bingung merawatnya, tempelkan saja pada pagar, atau bisa juga anda rambatkan pada pohon lain yang agak besar yang ada disekitar tumbuhan cincau dan biarkan saja merambat secara alaminya.

      untuk pengolahan daun cincau juga sangat mudah. bagaimana caranya???
      Pertama pilih daun cincau pada tangkainya, untuk mendapatkan kualitas daun cincau yang sangat bagus, pilihlah daun cincau yang memiliki warna hijau tua, bukan yang masih hijau muda atau pucuknya, petik beberapa lembar 15-25 lembar itu cukup untuk untuk dapatkan 5 gelas air perasan cincau murni.

      setelah di petik, jangan lupa cuci daun cincau sampai bersih, bilas dengan air bersih, hingga debu, kotoran atau jaring laba-laba atau sarang hewan kecil yang ada daunnya bersih, dan itu harus benar benar bersih.

      setelah dibersihkan, proses selanjutnya adalah sediakan wadah dan ukuranya biasa disesuaikan dengan daun yang anda petik, contoh jika petik 5 lembar, itu cukup untuk 1 besar hingga satu rantang cincau murni.

      masukan air bersih beberapa gelas pada wadah yang sudah anda siapkan tadi, kemudian remas daun cincaunya diwadah tersebut.

      Proses selanjutnya adalah penyaringan, saring daun cincau yang jatuh atau terbuang pada wadah tadi, dan jika sudah bersih biarkan 30 menit sampai 1 jam, biarkan cincau beku atau menjadi gel, lambat laun cincau itu akan menjadi gel, biasanya memerlukan proses paling cepat 45 menit sampai menjadi gel yang sempurna.

      sebenarnya tak perlu menunggu menjadi jelly/gel untuk meminum sebagai tanaman obat, setelah selesai proses peremasan anda juga bisa langsung mengkonsumsinya, namun untuk memudahkan mengkonsumsinya agar seperti agar bisa tunggu prosesnya hingga benar benar membeku atau mirip seperti agar agar.

      Banyak sekali penjual es cincau, es campur/es dawet dan es buah yang menggunakan jelly cincau sebagai bahan utamanya atau hanya sebagai menu tamabahannya, hampir disetiap daerah, baik dipelosok maupun di perkotaan kita akan dengan mudah menemukan penjual es cincau ini, dan tanpa sadar mereka telah menyebarkan kebaikan, mengapa saya katakan demikian?? karena daun cincau memiliki manfaat pengobatan yang sangat mujarab, dan kandungan daun cincau sangatlah komplit, apa saja manfaat daun cincau?? simak berikut ini  :

      Manfaat daun cincau untuk mengobati radang lambung

      Mengapa daun cincau sangat berkhasiat untuk mengobati radang lambung?? sebab pada daun cincau mengandung antioksidan dan vitamin c, itu semua yang memiliki peranan pembantu klorofil untuk menyembuhkan radang lambung.

      Bagaimana cara pengobatan tradisional radang lambung dengan daun cincau???
      Cukup konsumsi air rebusan dari daun cincau 2x dalam sehari, dan itu akan membunuh bakteri pada lambung, selain itu senyawa pada daun cincau yang tadi saya sebutkan diatas memiliki peranan untuk menguatkan otot-otot  dinding lambung, oleh karenanya daun cincau sangat disarankan untuk penderita penyakit radang lambung.

      Daun Cincau Sebagai Obat Tradisional Penyakit Tipes (Typhus/Tyfus)

      Pengobatan tradisional tipes dengan daun cincau sangatlah mudah, prosesnya sama seperti saya sebutkan diatas, dan konsumsi ramuan daun cincau tersebut 3 kali sehari.

      Alasan kenapa daun cincau mampu mengobati penyakit tyfus secara efektif dan tanpa efek samping adalah karena daun cincau memiliki kandungan tokoferol, antioksidan, dan mineral fosfor, oleh karenanya dengan mengkonsumsi secara rutin dan berkala ramuan daun cincau akan membuat anda terhindar sekaligus mampu mengobati penderita tipes, karena sistem imunitas tubuh yang selalu meningkat dan terhindar dari virus/bakteri.

      Obat ampuh alami untuk mengatasi diare

      Ternyata daun cincau sangat efektif untuk mengatasi diare, sebab kandungan dan manfaat dari vitamin B dan Vitamin C selain itu daun herbal ini memiliki seyawa alkaloid yang tugasnya membunuh kuman penyebab diare, caranya :  konsumsi olahan daun cincau/ atau air rebusan daun cincau sebanyak 3 kali sehari untuk meredakan diare.

      Daun Cincau Untuk Mengatasi Penyebab Malaria

      Dilansir wikipedia.org ekstrak daun cincau itu mengandung tetrandine, zat anti-protozoa, dan itu merupakan suatu alkaloid yang memiliki peran khusus untuk menghadapi penyebab penyakit malaria.

      Mengatasi hpertensi (tekanan darah tinggi) dengan ramuan herbal daun cincau

      Untuk mengatasi darah tinggi konsumsi ramuan herbal daun cincau 3 kali dalam seminggu
      Daun cincau sangat efektif dan terbilang cepat menurunkan darah tinggi selain dengan daun kumis kucing, hal ini dikarenakan kandungan S-S tetandrin yang sudah pastin untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan manfaat dari senyawa tetandrin lainya adalah untuk melancarkan dan melebarkan pembuluh darah, karena itulah dengan berkala meminum ramuan herbal ini akan membuat tekanan darah normal kembali.

      Rebusan daun cincau, minuman alami pencegah osteoporosis

      Kandungan dalam daun cincau sangatlah baik untuk tulang, terutama sebagai pencegahan terhadap penyakit osteoporosis. Pada daun cincau mengandung kalsium, mineral magnesium dan kandungan fosfor yang cukup tinggi, kandungan tersebut sudah sangat teruji untuk menjaga kesehatan tulang, seperti meregenerasi sel-sel tulang yang sudah keropos dan sangat efektif untuk memberi nutrisi tulang. 

      2 Gelas Ramuan herbal daun cincau untuk mengobati penyakit diabetes

      Dengan mengkonsumsi gelas sehari ramuan herbal tradisional daun cincau mampu untuk mengatasi penyakit diabetes melitus. dalam daun cincau terdapat kandungan klorofil serta mempunyai kandungan bisbenzilsokuinolin, yah senyawa yang susah untuk disebut itulah yang bermanfaat dan memiliki peran penting untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, sehingga membuat proses perbaikan kerja hormon insulin pankreas yang bertugas mengatur kadar gula darah menjadi stabil lebih efektif.

      Cara pembuatan ramuan herbal tradisional untuk mengobati diabetes :
      • petik daun cincau beberapa 5-10 lembar
      • jangan lupa, cuci dan bersihkan dari debu yang menempel
      • sediakan wadah, dan masukan 2 gelas air bersih atau air yang siap minum
      • kemudian remas daun cincau dan saring
      • terakhir masukan dalam gelas
      • obat tradisional daun cincau untuk atasi diabetes siap di konsumsi
      • minum ramuan ini 2 kali dalam sehari, masing-masing satu gelas
      Cara yang kedua untuk obati diabetes melitus secara alami :
      • petik daun cincau 8 helai
      • cuci sampai bersih dengan proses yang sama
      • kemudian rebus daun cincau dengan 4 gelas air (800cc)
      • biarkan hingga menjadi 400cc atau menjadi 2 gelas air
      • air rebusan daun cincau siap dikonsumsi, minum 2 kali sehari, (1x minum 1 gelas)

      Sunday, June 10, 2018

      kolang kaling (cangkaleng) dan manfaatnya untuk kesehatan

      Khasiat Manfaat Buah Yang Sangat Populer Di Bulan Puasa

      Kolang-kaling atau cangkaleng orang sunda menyebut buah dari pohon aren (kawung di daerah jawa barat) menyebut pohon ini, yah buah dari pohon aren ini sangat banyak dijumpai terutama saat Bulan Ramadhan, karena hal itu pula kami mengankat topi pembahasan mengenai semua hal tentang pemanfaatan, khasiat dan kandungan dari buah kolang kaling.

      Kolang-kaling atau buah atap memiliki ciri khusus yang sangat mudah di kenali, yaitu licin saat di pegang, dan bentuknya lonjong, dan warnanya tembus pandang alis transparan, saat ini anda pasti lagi sering seringnya menemui buah ini, terutama pada makanan takjil, ya memang benar buah kolang kaling biasa digunakan untuk bahan kolak, sebagai bahan es campur dan lain lainya, di daerah saya di ciamis, yang notabene salah satu penghasil terbesar gula aren akan sangat mudah menembukan buah ini, di daerah banjar sari, pamarican, pangandaran, kawali dan daerah sekitar ciamis sudah sangat familiar dengan cangkaleng alis kolang kaling.

      Pengolahan buah kolang kaling memang sangat simpel, namun anda harus tahu, ada resiko besar yang diambil petani dan pengambil buah ini, apa itu?? resiko gatal gatal, saat mengolah kolang - kaling, dimulai dari proses penngambilan, pembakaran dan saat akan merebusnya, apa itu resikonya??  saat kita terkena getahnya itu akan menyebabkan gatal dan ruam merah di kulit, berikut ini proses pengolahan kolang kaling agar bisa Anda konsumsi.

      Pertama buah diambil dari pohonya, buah kolang kaling yang diambil yang memiliki ukuran besar dan memiliki umur yang sudah tua, sehingga akan menghasilkan kolang kaling yang super besar, setelah buahnya di ambil dari pohon, proses selanjutnya yaitu pembakaran, buah kolang kaling yang baru di ambil biasanya akan dibakar sampai hitam dan hangus sebelum di ambil biji buahnya, stelah itu baru masuk ke proses perebusan, ini bertujuan agar lebih mudah mengambil isi buah kolang kalingnya, jadi buah bening kolang kaling ini ada didalam kulit tebal dan memiliki getah yang menyebabkan gatal gatal, oleh karenanya perebusan bertujuan untuk memudahkan pengupasan buah agar lunak dan mudah di kupas serta untuk mengurangi atau menghindari dari resiko gatal. setalah itu ada beberapa petani yang merendam kolang kalingnya, ini bertujuan untuk memperbesar ukuran kolang kaling, karena pada dasarnya kolang kaling memiliki banyak kandungan air di dalamnya. kolang kaling juga biasa difermentasi atau banyak juga yang mengolahnya menjadi manisan, tetapi yang paling pupuler adalah dibuat menjadi es buah, dan dibuat kolak ramadhan.

      Namun ada satu hal yang sangat mengganjal di hati saya, proses yang panjang dan resiko yang di ambil oleh petani sangat mengambil kolang kaling dari pohon yang tinggi dan hanya naik pada sebilah pohon bambu yang dibolongi agar unjung jempol bisa masuk hanya dibayar dengan harga murah, yaitu hanya Rp 5.000,- 10.000 untuk bulan ramadhan harganya agak lumayan ytiu bisa mencapai Rp 25.000,- tergantung daerah dan pengepul (bandar) yang mengambil, dan biasanya kolang kaling dari ciamis dikirim ke daerah bandung sampai jakarta.

      Manfaat buah kolang kaling untuk kesehatan diantaranya  :

      • Manfaat kolang kaling untuk diet (menurunkan berat badan)
      mengapa kolang-kaling dapat digunakan untuk diet?? hal itu karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sebab itulah dengan mengkonsumsi kolak atau es campur/es buah yang terdapat kolang kaling didalamnya anda akan cepat kenyang, selain itu mengkonsumsi kolang kaling akan melancarkan pencernaan, dan alasan lain mengapa memakan buah kolang kaling dapat membantu proses menurunkan berat badan adalah karena akan mengurangi/menghentikan nafsu makan. Buah yang sangat khasi dibulan ramadhan dan lebaran ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang mencapai 93,8%, kandungan lain dari kolang kaling adalah karbohidrat, protein.

      • Manfaat kolang kaling untuk mengatasi nyeri sendi (radang sendi) dan memperkuat tulang
      pegal linu, nyeri sendi ternyata bisa di obati dengan mengkonsumsi kolang kaling, mengapa? ini rahasia yang belum banyak orang mengetahui, pada kolang kaling mengandung kandungan kalisum, dan kandungan kalsium yang ada pada buah ini sama persis dengan yang ada pada tulang sapi/dengkul sapi, olah karenanya khasiat dan manfaat kolang kaling mampu menyembuhkan dan mengurangi rasa nyeri sendi dan masalah tulang.

      • Manfaat kolang kaling untuk melancarkan sistem pencernaan dan tingkatkan metabolisme tubuh
      Perlu kamu tahu selain menyegarkan, buah kolang kaling memiliki khasiat yang sangat menakjubkan lainya yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan dan mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh, mengapa bisa?? itu dikarenakan kandungan kalsium, mineral protasium dan iron, kandungan kandungan itulah yang bekerja untuk menyehatkan sistem pencernaan.

      Demikian ulasan/review pembahasan tentang khasiat, manfaat, dan kandungan kolang kaling, Terima Kasih sudah berkunjung, jangan lupa tetap suport blog ini dengan klik iklan yang ada diblog.

      next  :  manfaat lengkap daun kumis kumis kucing untuk mengobati kencing batu

      IBX5AFC6EF5C013B