Sunday, June 10, 2018

kolang kaling (cangkaleng) dan manfaatnya untuk kesehatan

Khasiat Manfaat Buah Yang Sangat Populer Di Bulan Puasa

Kolang-kaling atau cangkaleng orang sunda menyebut buah dari pohon aren (kawung di daerah jawa barat) menyebut pohon ini, yah buah dari pohon aren ini sangat banyak dijumpai terutama saat Bulan Ramadhan, karena hal itu pula kami mengankat topi pembahasan mengenai semua hal tentang pemanfaatan, khasiat dan kandungan dari buah kolang kaling.

Kolang-kaling atau buah atap memiliki ciri khusus yang sangat mudah di kenali, yaitu licin saat di pegang, dan bentuknya lonjong, dan warnanya tembus pandang alis transparan, saat ini anda pasti lagi sering seringnya menemui buah ini, terutama pada makanan takjil, ya memang benar buah kolang kaling biasa digunakan untuk bahan kolak, sebagai bahan es campur dan lain lainya, di daerah saya di ciamis, yang notabene salah satu penghasil terbesar gula aren akan sangat mudah menembukan buah ini, di daerah banjar sari, pamarican, pangandaran, kawali dan daerah sekitar ciamis sudah sangat familiar dengan cangkaleng alis kolang kaling.

Pengolahan buah kolang kaling memang sangat simpel, namun anda harus tahu, ada resiko besar yang diambil petani dan pengambil buah ini, apa itu?? resiko gatal gatal, saat mengolah kolang - kaling, dimulai dari proses penngambilan, pembakaran dan saat akan merebusnya, apa itu resikonya??  saat kita terkena getahnya itu akan menyebabkan gatal dan ruam merah di kulit, berikut ini proses pengolahan kolang kaling agar bisa Anda konsumsi.

Pertama buah diambil dari pohonya, buah kolang kaling yang diambil yang memiliki ukuran besar dan memiliki umur yang sudah tua, sehingga akan menghasilkan kolang kaling yang super besar, setelah buahnya di ambil dari pohon, proses selanjutnya yaitu pembakaran, buah kolang kaling yang baru di ambil biasanya akan dibakar sampai hitam dan hangus sebelum di ambil biji buahnya, stelah itu baru masuk ke proses perebusan, ini bertujuan agar lebih mudah mengambil isi buah kolang kalingnya, jadi buah bening kolang kaling ini ada didalam kulit tebal dan memiliki getah yang menyebabkan gatal gatal, oleh karenanya perebusan bertujuan untuk memudahkan pengupasan buah agar lunak dan mudah di kupas serta untuk mengurangi atau menghindari dari resiko gatal. setalah itu ada beberapa petani yang merendam kolang kalingnya, ini bertujuan untuk memperbesar ukuran kolang kaling, karena pada dasarnya kolang kaling memiliki banyak kandungan air di dalamnya. kolang kaling juga biasa difermentasi atau banyak juga yang mengolahnya menjadi manisan, tetapi yang paling pupuler adalah dibuat menjadi es buah, dan dibuat kolak ramadhan.

Namun ada satu hal yang sangat mengganjal di hati saya, proses yang panjang dan resiko yang di ambil oleh petani sangat mengambil kolang kaling dari pohon yang tinggi dan hanya naik pada sebilah pohon bambu yang dibolongi agar unjung jempol bisa masuk hanya dibayar dengan harga murah, yaitu hanya Rp 5.000,- 10.000 untuk bulan ramadhan harganya agak lumayan ytiu bisa mencapai Rp 25.000,- tergantung daerah dan pengepul (bandar) yang mengambil, dan biasanya kolang kaling dari ciamis dikirim ke daerah bandung sampai jakarta.

Manfaat buah kolang kaling untuk kesehatan diantaranya  :

  • Manfaat kolang kaling untuk diet (menurunkan berat badan)
mengapa kolang-kaling dapat digunakan untuk diet?? hal itu karena kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sebab itulah dengan mengkonsumsi kolak atau es campur/es buah yang terdapat kolang kaling didalamnya anda akan cepat kenyang, selain itu mengkonsumsi kolang kaling akan melancarkan pencernaan, dan alasan lain mengapa memakan buah kolang kaling dapat membantu proses menurunkan berat badan adalah karena akan mengurangi/menghentikan nafsu makan. Buah yang sangat khasi dibulan ramadhan dan lebaran ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang mencapai 93,8%, kandungan lain dari kolang kaling adalah karbohidrat, protein.

  • Manfaat kolang kaling untuk mengatasi nyeri sendi (radang sendi) dan memperkuat tulang
pegal linu, nyeri sendi ternyata bisa di obati dengan mengkonsumsi kolang kaling, mengapa? ini rahasia yang belum banyak orang mengetahui, pada kolang kaling mengandung kandungan kalisum, dan kandungan kalsium yang ada pada buah ini sama persis dengan yang ada pada tulang sapi/dengkul sapi, olah karenanya khasiat dan manfaat kolang kaling mampu menyembuhkan dan mengurangi rasa nyeri sendi dan masalah tulang.

  • Manfaat kolang kaling untuk melancarkan sistem pencernaan dan tingkatkan metabolisme tubuh
Perlu kamu tahu selain menyegarkan, buah kolang kaling memiliki khasiat yang sangat menakjubkan lainya yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan dan mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh, mengapa bisa?? itu dikarenakan kandungan kalsium, mineral protasium dan iron, kandungan kandungan itulah yang bekerja untuk menyehatkan sistem pencernaan.

Demikian ulasan/review pembahasan tentang khasiat, manfaat, dan kandungan kolang kaling, Terima Kasih sudah berkunjung, jangan lupa tetap suport blog ini dengan klik iklan yang ada diblog.

next  :  manfaat lengkap daun kumis kumis kucing untuk mengobati kencing batu

0 comments: