Senin, 11 Juni 2018

daun cincau hijau untuk atasi diabetes, hipertensi hingga radang lambung

Manfaat Luar Biasa Daun Cincau Untuk Pengobatan Alami

Dilihat sekilas manfaat daun cincau hijau hampir mirip dengan daun camcao (camcauh dalam bahasa sunda) dan juga sangat mirip dengan daun cuing, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan dalam bentuk dan rupanya, walaupun fungsi dan manfaatnya hampir sama, yaitu biasa dimanfaatkan untuk jelly yang dipakai pada es campur atau es dawet, atau biasa juga digunakan sebagai bahan tambahan es buah, selain populer saat bulan puasa (bulan ramadhan) daun cincau baik itu cincau hijau maupun cincau hitam selain sebagai gel atau dibuat minuman penyegar ternyata mempunyai khasiat yang sangat mencengangkan dan luar biasa untuk pengobatan berbagai penyakit. 

Tumbuhan cincau hijau memiliki nama latin (C. barbata Myers.) biasa tumbuh di iklim yang sejuk, dan tumbuh merambat, dan akan terus merambat sampai beberapa meter, jika Anda punya tanaman ini di rumah bingung merawatnya, tempelkan saja pada pagar, atau bisa juga anda rambatkan pada pohon lain yang agak besar yang ada disekitar tumbuhan cincau dan biarkan saja merambat secara alaminya.

untuk pengolahan daun cincau juga sangat mudah. bagaimana caranya???
Pertama pilih daun cincau pada tangkainya, untuk mendapatkan kualitas daun cincau yang sangat bagus, pilihlah daun cincau yang memiliki warna hijau tua, bukan yang masih hijau muda atau pucuknya, petik beberapa lembar 15-25 lembar itu cukup untuk untuk dapatkan 5 gelas air perasan cincau murni.

setelah di petik, jangan lupa cuci daun cincau sampai bersih, bilas dengan air bersih, hingga debu, kotoran atau jaring laba-laba atau sarang hewan kecil yang ada daunnya bersih, dan itu harus benar benar bersih.

setelah dibersihkan, proses selanjutnya adalah sediakan wadah dan ukuranya biasa disesuaikan dengan daun yang anda petik, contoh jika petik 5 lembar, itu cukup untuk 1 besar hingga satu rantang cincau murni.

masukan air bersih beberapa gelas pada wadah yang sudah anda siapkan tadi, kemudian remas daun cincaunya diwadah tersebut.

Proses selanjutnya adalah penyaringan, saring daun cincau yang jatuh atau terbuang pada wadah tadi, dan jika sudah bersih biarkan 30 menit sampai 1 jam, biarkan cincau beku atau menjadi gel, lambat laun cincau itu akan menjadi gel, biasanya memerlukan proses paling cepat 45 menit sampai menjadi gel yang sempurna.

sebenarnya tak perlu menunggu menjadi jelly/gel untuk meminum sebagai tanaman obat, setelah selesai proses peremasan anda juga bisa langsung mengkonsumsinya, namun untuk memudahkan mengkonsumsinya agar seperti agar bisa tunggu prosesnya hingga benar benar membeku atau mirip seperti agar agar.

Banyak sekali penjual es cincau, es campur/es dawet dan es buah yang menggunakan jelly cincau sebagai bahan utamanya atau hanya sebagai menu tamabahannya, hampir disetiap daerah, baik dipelosok maupun di perkotaan kita akan dengan mudah menemukan penjual es cincau ini, dan tanpa sadar mereka telah menyebarkan kebaikan, mengapa saya katakan demikian?? karena daun cincau memiliki manfaat pengobatan yang sangat mujarab, dan kandungan daun cincau sangatlah komplit, apa saja manfaat daun cincau?? simak berikut ini  :

Manfaat daun cincau untuk mengobati radang lambung

Mengapa daun cincau sangat berkhasiat untuk mengobati radang lambung?? sebab pada daun cincau mengandung antioksidan dan vitamin c, itu semua yang memiliki peranan pembantu klorofil untuk menyembuhkan radang lambung.

Bagaimana cara pengobatan tradisional radang lambung dengan daun cincau???
Cukup konsumsi air rebusan dari daun cincau 2x dalam sehari, dan itu akan membunuh bakteri pada lambung, selain itu senyawa pada daun cincau yang tadi saya sebutkan diatas memiliki peranan untuk menguatkan otot-otot  dinding lambung, oleh karenanya daun cincau sangat disarankan untuk penderita penyakit radang lambung.

Daun Cincau Sebagai Obat Tradisional Penyakit Tipes (Typhus/Tyfus)

Pengobatan tradisional tipes dengan daun cincau sangatlah mudah, prosesnya sama seperti saya sebutkan diatas, dan konsumsi ramuan daun cincau tersebut 3 kali sehari.

Alasan kenapa daun cincau mampu mengobati penyakit tyfus secara efektif dan tanpa efek samping adalah karena daun cincau memiliki kandungan tokoferol, antioksidan, dan mineral fosfor, oleh karenanya dengan mengkonsumsi secara rutin dan berkala ramuan daun cincau akan membuat anda terhindar sekaligus mampu mengobati penderita tipes, karena sistem imunitas tubuh yang selalu meningkat dan terhindar dari virus/bakteri.

Obat ampuh alami untuk mengatasi diare

Ternyata daun cincau sangat efektif untuk mengatasi diare, sebab kandungan dan manfaat dari vitamin B dan Vitamin C selain itu daun herbal ini memiliki seyawa alkaloid yang tugasnya membunuh kuman penyebab diare, caranya :  konsumsi olahan daun cincau/ atau air rebusan daun cincau sebanyak 3 kali sehari untuk meredakan diare.

Daun Cincau Untuk Mengatasi Penyebab Malaria

Dilansir wikipedia.org ekstrak daun cincau itu mengandung tetrandine, zat anti-protozoa, dan itu merupakan suatu alkaloid yang memiliki peran khusus untuk menghadapi penyebab penyakit malaria.

Mengatasi hpertensi (tekanan darah tinggi) dengan ramuan herbal daun cincau

Untuk mengatasi darah tinggi konsumsi ramuan herbal daun cincau 3 kali dalam seminggu
Daun cincau sangat efektif dan terbilang cepat menurunkan darah tinggi selain dengan daun kumis kucing, hal ini dikarenakan kandungan S-S tetandrin yang sudah pastin untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan manfaat dari senyawa tetandrin lainya adalah untuk melancarkan dan melebarkan pembuluh darah, karena itulah dengan berkala meminum ramuan herbal ini akan membuat tekanan darah normal kembali.

Rebusan daun cincau, minuman alami pencegah osteoporosis

Kandungan dalam daun cincau sangatlah baik untuk tulang, terutama sebagai pencegahan terhadap penyakit osteoporosis. Pada daun cincau mengandung kalsium, mineral magnesium dan kandungan fosfor yang cukup tinggi, kandungan tersebut sudah sangat teruji untuk menjaga kesehatan tulang, seperti meregenerasi sel-sel tulang yang sudah keropos dan sangat efektif untuk memberi nutrisi tulang. 

2 Gelas Ramuan herbal daun cincau untuk mengobati penyakit diabetes

Dengan mengkonsumsi gelas sehari ramuan herbal tradisional daun cincau mampu untuk mengatasi penyakit diabetes melitus. dalam daun cincau terdapat kandungan klorofil serta mempunyai kandungan bisbenzilsokuinolin, yah senyawa yang susah untuk disebut itulah yang bermanfaat dan memiliki peran penting untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, sehingga membuat proses perbaikan kerja hormon insulin pankreas yang bertugas mengatur kadar gula darah menjadi stabil lebih efektif.

Cara pembuatan ramuan herbal tradisional untuk mengobati diabetes :
  • petik daun cincau beberapa 5-10 lembar
  • jangan lupa, cuci dan bersihkan dari debu yang menempel
  • sediakan wadah, dan masukan 2 gelas air bersih atau air yang siap minum
  • kemudian remas daun cincau dan saring
  • terakhir masukan dalam gelas
  • obat tradisional daun cincau untuk atasi diabetes siap di konsumsi
  • minum ramuan ini 2 kali dalam sehari, masing-masing satu gelas
Cara yang kedua untuk obati diabetes melitus secara alami :
  • petik daun cincau 8 helai
  • cuci sampai bersih dengan proses yang sama
  • kemudian rebus daun cincau dengan 4 gelas air (800cc)
  • biarkan hingga menjadi 400cc atau menjadi 2 gelas air
  • air rebusan daun cincau siap dikonsumsi, minum 2 kali sehari, (1x minum 1 gelas)

0 komentar:

Featured Post

Ini Nihh Manfaat Dan Kegunaan Sabun ROSAN Untuk Kulit