Kamis, 03 Mei 2018

ini nih manfaat minum teh rutin setiap pagi

Manfaat Mengonsumsi Teh Hijau Setiap Pagi ???

Budaya minum teh bagi masyarakat Indonesia terutama di tanah jawa memang sudah umum dilakukan sejak zaman dahulu, baik itu didaerah jawa tengah, maupun di tatar pasundan jawa barat. Mereka minum teh dikarenakan kebiasaan, adat budaya yang sudah mengakar dari zaman dahulu, diturunkan dari generasi ke generasi, baik didaerah pedesaan maupun kotanya.  

Teh hijau memiliki memiliki rasa yang tak kalah enak, biasa dijadikan sebagai minuman untuk memulai hari yang panjang, apalagi kita yang hobi menulis, biasanya malakukan ritual dengan minum teh atau kopi yang kami percaya agar mudah mendapat inspirasi menulis,,hhaha lucu juga ya.

Banyak rupa, jenis dan varian teh di negeri tercinta kita ini, ada teh hitam (black tea), teh hijau (green tea), teh putih (white tea), teh melati (jasmine tea), teh kayu aro dan masih banyak lainya, semua teh tersebut terkenal khasiat dan manfaatnya hingga ke mancanegara. Banyak cerita yang menggambar keasrian, kehijauan dan kemakmuran, kejayaan Indonesia ke luar negeri, yups salah satunya karena teh.

Teh merupakan salah satu komoditi yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia, dikenal sebagai salah satu produsen penghasil teh terbesar didunia, terbukti dengan banyaknya perkebunan - perkebunan teh di Indonesia, seperti di daerah garut, bogor, tasikmalaya, ciamis, tegal, ciwidey, dewata, malabar, cipasung, gunung mas, dayeuh manggung, majalengka, cikuray, dan daerah sumatra utara serta daerah lainya, saking banyaknya saya tulis saja segitu. 

Perkebunan teh dengan skala besar sangatlah banyak di Indonesia ini, banyak ditemukan didaerah perbukitan dan pegunungan yang beriklim tropis serta subtropis dengan suhu sejuk. Dataran tinggi merupakan daerah yang penghasil daun teh berkualitas, dan hanya daun muda (pucuk) yang biasanya hanya dipetik. Pemetikan teh dilakukan secara manual lebih banyak dilakukan dari pada pemetikan dengan mesin, dan banyak kebun dan pabrik teh ini didirikan oleh koloni Belanda dan Portugis yang dulu sempat menjajah negeri ini, teh teh inilah yang mereka impor ke Eropa. Berdasarkan data yang saya peroleh Indonesia berada pada peringkat ke 7 negara penghasil teh terbesar didunia, dan termasuk salah satu negara dengan pengekspor teh terbesar dengan kualitas terbaik. 70% teh dihasilkan dari daerah Jawa Barat (west java), karena iklimnya yang cocok lembab dan basah dengan suhu yang pas untuk perkebunan teh.

Jenis dan varian teh yang ada di Indonesia  :
Teh Hitam (black tea) atau Teh Merah (red tea) merupakan salah satu teh yang banyak di produksi masal, asalah ulu nama teh ini karena warnanya yang gelap/hitam kemerahan. Teh hitam tau teh merah ini tidak kental dan memiliki ciri yang sangat khas yaitu kejernihanya. Dari segi bentuk teh hitam asal indonesia memiliki ciri tersendiri yang membedakanya ialah rupanya yang lebih bulat dari teh hitam negara lain.
  • Manfaat teh hitam atau teh merah  :
Teh Melati, memiliki manfaat untuk mengurangi stress membantu menenangkan pikiran, serta meningkatkan gairah seksual. Teh melati ialah teh yang dicampur dengan teh hijau, memiliki tekstur yang lebih kental dan teh ini asalnya dari negeri tirai bambu cina.

manfaat teh melati  :
-
Teh Putih, Ini nih teh yang termasuk teh yang memiliki harga fantastis yaitu Rp 1.000.000,- perkilogramnya, teh ini merupakan salah satu teh termahal dari Indonesia. Yang menjadi penyebab mahalnya harga teh putih yaitu pertama karena kandungan, khasiat, dan jumlah produk teh putih yang sangat terbatas. Teh putih memiliki khasiat dan manfaat yang melebih teh hijau dan teh hitam dan teh memiliki kandungan kafein yang sangat rendah (sedikit sekali), selain itu teh putih memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Teh putih banyak diproduksi didaerah jawa barat. 

Teh Kayu Aro, teh yang berasal dari perkebunan kayu aro yang luasnya3000 hektare yang berada di kaki gunung kerinci, teh kayu termasuk kedalam jenis teh hitam, jenis teh ini memiliki rasa dan aroma yang khas yang kuat. teh jenis inilah yang banyak di ekspor ke negara negara eropa terutama Eropa Timur dan Eropa Tengah.

Teh Hijau (green tea), teh jenis paling banyak dicari di sistem pencarian google, teh ini sangat familiar ditelinga kita bukan?? yups, teh ini sangat dikenal didaerah asia tenggara seperti korea, cina, hongkong, jepang dan lainya. Dinegeri kita teh ini bukanlah minuman/barang langka, banyak ditemukan dipasar pasar dan swalayan karena kitalah salah penghasil jenis teh ini.

Teh hijau banyak dicari karena khasiat serta manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, bahkan teh hijau ini diklaim mampu mengobati berbagai penyakit. mengapa bisa begitu ya?? huhh,'' nahh ternyata teh hijau memiliki kandungan yang sangat sangat komplit.

Berikut ini beberapa manfaat dari teh hijau  :
  1. membantu menurunkan berat badan.
  2. membantu kerja syaraf.
  3. menyegarkan nafas.
  4. Mengatur tekanan gula darah.
  5. membantu proses alami detoksifikasi racun dalam tubuh.
  6. menghilangkan jerawat.
  7. Menghilangkan sakit kepala.
  8. Teh hijau mengurangi resiko kanker.
  9. mencegah tanda penuaan dini pada kulit dan tubuh.
  10. membantu membersihkan wajah.
  11. Teh hijau menurunkan resiko alzheimer dan parkinson
  12. Menjaga kesehatan kulit.
  13. menjga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Kemampuan teh hijau dalam mengatasi berbagai maslah kesehatan dan kecantikan dikarenakan kandungan yang ada pada teh hijau, apa saja kandungan yang terdapat pada teh hijau  :
  1. Vitamin C dan Vitamin E
  2. Polifenol, Katekin
  3. Mangan
  4. L-teanin
  5. Kafein
  6. Fluoride

Khasiat Minum Teh Secara Rutin !!

Beruntung bagi Anda yang sudah terbiasa minum teh baik dikala pagi maupun sore hari, kenapa saya katakan beruntung ?? Yups,, karena dengan mengonsumsi teh secara rutin pada pagi hari dipercaya membantu proses detoksifikasi atau membantu proses pembuangan racun dalam tubuh. dalam daun teh juga mengandung komposisi antioksidan yang tinggi untuk membantu menjaga kekebalan tubuh.

Efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi teh hijau  :
  • dengan minum teh hijau saat Anda mengonsumsi obat obatan bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, jadi sebaiknya jika Anda sedang minum obat, maka jangan konsumsi teh hijau.

0 komentar:

Posting Komentar