Tuesday, May 8, 2018

cara membuat minuman penghilang stress dari daun pandan

Manfaat Daun Pandan Untuk Menghilangkan Stress

Aroma wangi yang khas dari pandan memang sudah sering kita gunakan sebagai perisa alami makanan dan minuman, misalnya digunakan sebagai aroma untuk kueh, untuk kolak, namun ternyata daun pandan memiliki manfaat lain yang belum banyak diketahui oleh masyarakat yaitu bau harum dari pandan wangi ternyata dapat digunakan sebagai ramuan herbal penghilang stress, sifat relaksasi yang dihasilkan membuat pikiran menjadi tenang, zat tanin yang ada pada daun pandanlah yang memiliki peranan pentingnya. 

Bagaimana cara membuat minuman penghilang stress dari daun pandan ?? 
  • pertama , sediakan daun pandan 5 - 10 lembar
  • kemudian cuci hingga bersih
  • selanjutnya rebus daun pandan dengan air 8 gelas, dan gunakan wajan yang tebuat/berlapis marmer atau melamin, atau jika Anda punya wajan yang terbuat dari tanah liat itu lebih bagus. yang penting jangan wajan/panci yang terbuat dari alumunium atau besi secara langsung.
  • rebus daun pandan yang tadinya 8 gelas hingga menjadi 4 gelas.
  • setelah mendapatkan matang dan menjadi 4 gelas, baru masukan gula (baik gula aren ataupun gula putih) tapi jika ingin mendapatkan tampilan yang bening bisa Agan gunakan bahan dari gula putih.
  • sampai proses ini agan sudah bisa mendapatkan aroma harum ayng khas dan menyegarkan yang bisa membuat pikiran menjadi fresh seperti lahir kembali, karena efek relaksasi dari zat tanin yang ada di daun pandan.
  • minum saat hangat atau sudah dingin juga sama saja, terserah Anda.
Apa saja efek samping dari minuman penghilang stress dari daun pandan  :
  1. membuat pikiran menjadi tenang
  2. menyegarkan badan
  3. melemahkan syaraf syaraf yang tegang
  4. menghilangkan rasa cemas, khawatir dan gelisah 
  5. mengatasi depresi yang diakibat pekerjaan, karena kesibukan dikantor atau pekerjaan yang menjadi buah pikir yang membuat pikiran tak tenang.
  6. untuk agan yang galau minuman ini juga cocok, minuman ini membuat orang menjadi tenang dalam berpikir karena sifat dari aroma dan kandungan yang ada pada daun pandan dapat menenangkan, hingga digunakan menjadi aroma terapi untuk orang yang mengalami masalah kesulitan tidur (insomnia).
  7. minum minuman dari pandan saat pagi dan malam 2 kali sehari, untuk menyehatkan tubuh dan mengatasi stress berat/ringan.
  8. daun pandan juga sangat cocok untuk mengatasi darah tinggi, dikarenakan salah satu penyebab dari penyakit darah tinggi yaitu pikiran yang membuat seseorang mengalami stress berat, dengan minum ramun herbal tradisional daun pandan rebus 2 kali sehari dapat memabatu menurunkan tekanan darah tinggi.
Ramuan herbal daun pandan ampuh mengatasi kegelisahan seseorang dikarenakan dalam daun pandan mengandung zat tanin yang memiliki sifat menenangkan pikiran, sehingga membuat seseorang menjadi rileks.

Kandungan yang terdapat pada daun pandan diantaranya sebagai berikut ini  :
  • tanin
  • flavonoida
  • saponin
  • zat warna
  • alkaloida
Cepat mudah dan tanpa efek samping berbahaya, daun pandan juga mudah dicari banyak ditanam di halaman halaman rumah, pastinya manfaat daun pandan wangi ini menyehatkan tubuh dan menangkan pikiran. Selain dengan cara diminum daun pandan juga dapat digunakan sebagai aroma terapi, dengan cara yang sama persis seperti diatas, hanya saja setelah matang direbus dan ditarus digelas atau wadah seperti mangkok Anda hanya perlu menyimpan diruangan, aroma wangi yang dikeluarkan dari pandan berguna untuk relaksasi, bisa juga digunakan sebagai media tambahan untuk melukan meditasi untuk menenangkan pikiran, bagaimana caranya?? simak berikut ini  :

  • pertama simpan air rebusan tadi kedalam gelas/wadah
  • taruh dikamar atau tempat yang akan Anda gunakan untuk meditasi
  • jika dikamar, bisa Anda matikan lampu agar lebih mudah Anda berkonsentrasi dan memusatkan pikiran.
  • satu lagi, agar lebih mudah memusatkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi Anda bisa menambah satu komponen lagi yaitu nyala lilin. Apa fungsi dari nyala lilin dalam melakukan meditasi ?? manfaatnya yaitu kembali ke filosofi dari api, yups api adalah simbol dari kehidupan, kita bisa makan karena api, kita bisa minum karena api kita butuh sesuatu karena filosifi api dalam diri kita, lalu bagaimana caranya mengendalikan api dalam diri kita, Anda bisa menerjemahkan sendiri simbol dari nyala api tersebut.
  • silakan Anda duduk bersila, lakukan hal ini 10 - 15 menit setiap kali Anda bermeditasi, bisa sebelum beraktifitas atau boleh juga dilakukan setelah melakukan aktifitas seperti malam hari sebelum tidur.
  • dibantu dengan tarik nafas dan buang nafas yang dalam/panjang, untuk membantu mempercepat proses relaksasi tubuh dan pikiran, hal ini akan membantu menenangkan pikiran, menghilangkan kegelisahan, mengatasi kecemasan berlebih.
  • lakukan dengan dengan rutin setiap hari atau setiap minggunya, terserah Anda, mau 2 kali sehari atau seminggu 2 kali.
Selamat mencoba membuat ramun herbal daun pandan dan aroma terapi dari daun pandan wangi untuk meditasi. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini,.

0 comments: