Tuesday, July 3, 2018

Top Secreet, Rahasia Cantik Dan Sehat Orang Tua Zaman Dahulu

Cantik, Sehat dan Berumur Panjang Ala Orang Tua zaman Dulu

Sudah jadi pertanyaan sejak lama dibenak saya, mengapa orang tua kita zaman dahulu memiliki umur ratusah tahun atau setidaknya mendekati usia hampir seratus tahun, tidak mengalami kebongkokan, gigi  yang tetap utuh, dan kenapa mereka selalu terlihat awet muda. Tentunya ini menjadi pertanyaan yang mendasar, apakah kunci dari semua itu, rahasia hidup berumur panjang dan tanpa terserang penyakit yang trend di era milenial sebut saja stroke, jantung, kolesterol, diabetes, osteoporosis dan lain sebagainya.

Ide artikel ini saya yulis karena tentang rasa penasaran, berawal dari buyut saya, waktu itu tertimpa lemari dan tanganya patah, tetapi yang membuat saya terkagum-kagum adalah hanya dengan hitungan bulan tanganya yang patah tersebut sembuh total dan tanpa efek gejala tertentu, padahal dengan usianya saat itu sekitar 96 tahunan, harusnya proses penyembuhan berjalan dengan lambat, anda mengerti maksudnya kan, kemudian selanjutnya adalah pengobatan yang hanya mengandalkan pengobatan tulang alternatif, dan tak menemui dokter sekali pun. Saya masih ingat betul ia hanya sering dibawakan ketela pohon (singkong) atau sampeu dalam bahasa sundanya, dan setiap hari ia pasti mengkonsumsinya 2-3 pohon, ia bilang "ini akan mempercepat proses penyembuhan tulang yang patah.

Penyembuhan yang kedua ialah dengan di bantu obat alami cuka abu (cuka lebu-sunda), kata buyut saya, ini agar daging yang memar pada bagian yang patah mengempis dan melancarkan kembali peredaran darahnya, tetapi apa yang terjadi benar-benar di luar nalar saya, buyut saya sembuh dan bisa beraktifitas normal kembali, bisa mengangkat beban lagi, dan satu lagi yang membuat saya benar benar heran adalah ia masih bisa pergi ke sawah dan ke ladang, meskipun hanya melihat-lihat, karena anak dan cucunya melarangnya untuk beraktifitas seperti dulu, yak maklumlah dengan usia tersebut keluarga sangat khawatir.

Yang kedua yang menjadi ide dalam penulisan artikel ini adalah ketika saya berkunjung ke rumah seorang teman, dan ibunya kebetulan seorang pesinden dalam grup pewayangan dan kesenian tradisional seperti calung dan bajidoran, dengan usia yang lebih dari empat puluh tahun dan hampir mencapai umur lima puluh tahunan tetapi ia masih terlihat sangat muda, dengan kulit wajah masih terlihat kencang, dan tak ada keriput sama sekali, tak ada tanpa penuaan signifikan yang terlihat diwajahnya.

Singkat cerita dalam kunjungan tersebut saya memberanikan diri untuk bertanya kepada ibu teman saya, Ibu mengapa masih terlihat muda, apa rahasianya,,,?? Ia hanya tersenyum simpul,, dan disanalah saya temukan jawaban yang selama ini menjadi rahasia selama puluhan tahun, dan disinilah saya mulai ingin menceritakan kisahnya yang mungkin dapat menjadi inspirasi, terutama untuk kaum hawa, ini rahasia cantik ala wanita zaman dahulu, rahasia yang membuat mereka awet muda.

Lalu mulailah ia bercerita dengan diawali beberapa pertanyaan yang sudah lama menjadi pertanyaaan umum yang ingin diketahui jawabanya oleh setiap wanita.

            “ Kalian tahu tidak mengapa orang tua zaman dahulu, apalagi para selir raja yang ada dikeraton, mengapa mereka selalu tampil memikat??
 Selalu terlihat cantik saat dilihat??
        Mengapa para pesinden selalu digandurungi para lelaki??

Semua itu berasal dari beberapa hal, yang pertama ada istilah cantik dari dalam atau kalau sekarang lebih dikenal dengan istilah inner beauty dan yang kedua adalah cantik dari luar, agar mereka selalu menarik saat dilihat.

Pisahkan itu, kita bahas dulu dari cantik dari dalam (inner beauty), Bagaimana caranya kita mengeluarkan aura kecantikan dari dalam, mau tahu kan jawabanya??

            Ya, ituk bisa kita dapatkan dengan melakukan meditasi, itu akan memancarkan aura yang terpendam dari dalam diri kita, begitulah kira kira yang bunda teman saya bilang.
Bagaimana caranya??

            “ Tak sulit, kita bisa menggunakan media kembang yang memiliki aroma wewangian yang menyegarkan, itu juga manfaatnya dapat melepas stress dalam diri kita lho,, cara seperti ini, pertama kita bisa gunakan bunga mawar, jika bisa, carilah bunganya yang akan mekar, lalu taruhlah kuncup bunga terbut pada mangkok atau gelas yang sudah dikasih air, lalu bawa ke kamar kalian, kemudian duduklah kamu bersila didepan kembang tersebut.

            Lalu proses selanjutnya gimana??
Tinggal duduk saja, dan berkonsentrasi, hiruplah nafas dalam dalam dan buang dengan teratur, dan jika bisa rasakanlah aroma wangi kembang tersebut hingga bunga mawar tersebut mekar.

Itu yang pertama, yang kedua bisa menggunakan bahan wewangian dari daun pandan, cara rebus daun pendan beberapa lembar dan masukan ke wadah, prosesnya sama seperti tadi.

Lalu apa lagi rahasi kencatikan orang tua zaman dahulu???
            “ apa lagi ya,,, ibu teman saya bergumam,,,” hmm ada ada,, setelah bunga mawar tadi mekar, pakailah untuk mandi, itu juga sangat bermanfaat untuk membuat tubuh kita agar tidak bau badan,,, bisa juga gunakan mandi kembang dengan bunga melati atau bunga anggrek, wanginya sangat menyerbak dan khas, itu akan menempel da awet harumnya pada kulitmu.

Apakah pake mantra atau jampi-jampi bu??
        Halahh nggak,,, jadi manfaat mandi kembang itu sebenarnya adalah untuk kulit tubuh, yaitu kandungan zat yang ada pada bunga mawar, yang sangat baik untuk tubuh akan diserap melalui pori pori kulit, dan itulah yang dapat membantu mengatasi bau badan.

Lalu mengapa orang tua zama dulu dapat hidup hingga ratusan tahun??
terus mereka dapat terlihat awet muda?

            “Sebenarnya jika kita membahas hal ini tidak akan selesai hanya dengan satu hari, cuman kita dapat mengambil inti atau sari pati dari beberapa hal yang biasa mereka lakukan, seperti apa yang mereka makan, mereka minum, apa yang dilakukan, pengobatan, semua benar-benar dilakukan dengan cara alami, mungkin juga udara yang masih bersih dan belum banyak polusi seperti sekarang ini sangat berperan penting dalam hal ini, soalnya kenapa?? Kita tahu kan, kebanyak hanya orang tua- orang tua yang hidup dikampung saja yang mengalami katakanlah mukzijat berumur panjang ini, kalian bisa lihat sendiri kan, jika pun mereka sakit paling juga sakit flu.

Lantas mengapa kita tidak beripikir kesana, Itu mungkin alasan yang sangat logis kan ya,, dan yang kedua adalah orang tua pada zaman dulu, mereka tak hanya hidup dengan keyakinan lahiriyah atau kita sekarang menyebutnya dengan jasmani, jadi mereka itu juga sangat yakin dan mungkin juga karena pengaruh budaya yang masih sangat kental pada saat itu, apa itu? mereka sangat kental dengan batiniyah contoh yang bisa kita ambil dalam hal ini adalah meditasi, sekarang sudah banyak yang mengangkat isu ini bukan, banyak yang mengatakan jika meditasi sangat efektif untuk menghilangkan stress, dan ini yang ibu rasa membuat orang tua zaman dahulu awet muda, karena kunci dari semua penyakit adalah pikiran, jadi ada baiknya kalian tetap merasa baik, tetap merasa senang dengan pikiran kalian, saya jamin itu akan sangat membantu, terutama untuk masalah aura, agar wajah kalian selalu memancarkan rona wajah yang menyegarkan, enak dipandang, intinya aura kalian akan memancar, itu ada pikiran kalian.

Lalu teman saya bertanya lagi, iya bener bu, kakek buyut saya juga waktu itu umurnya lebih dari seratus tahun, dan saat ia sakit parah, ia minta di antar ke toilet dan minta dibasuh kakinya, eehh pas keluar dia bisa jalan sendiri, padahal pas mau ke toilet ia harus di bopong,,
            “Yahh itulah, memang ada beberapa hal yang tak dapat dijelaskan dan dapat dicerna secara mentah oleh pikiran kita, tetapi di balik semua itu ada beberapa hikmahnya juga buka untuk kita.

Apa contohnya???
            Ohhh banyak sekali,, seperti warisan pengobatan dengan bahan bahan herbal, misal mengobati darah tinggi dengan daun salam, belum lagi pengobatan dengan akar – akaran seperti pohon ki akar yang sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit, adalagi teh sirsak itu sudah ada sejak dahulu, daun sukun untuk pengobatan liver, kelapa muda yang dibakar tiu banyak di promosikan sekarang bukan untuk detoks alami tubuh, itu rahasia lama juga, ah banyak pokonya, obat alami dengan jamu, misal untuk mengobati sakit gigi, daun sirih (sereuh kalo orang sunda menyebutnya) untuk mengobati mata, belum lagi pengobatan dari batang batang pohon, dengan rempah-rempah, dengan daun daun alami dan masih banyak lagi yang lainya, dan ibu rasa itu merupakan salah satu warisan pengobatan yang sangat wajib untuk diturunkan.

Teman saya bilang “ bener juga ya bu, padahal waktu dulu belum banyak penelitian dilakukan untuk meneliti tentang kandungan suatu bahan organik atau herbal, tetapi orang tua jaman dahulu sudah mengetahui apa saja kandungan didalamnya,, sungguh sangat mengherankan sekali.

Bu apakah ada rahasia lain untuk merawat wajah gitu misalnya,, atau intinya untuk merawat kecantikan ala-ala jaman dulu tapi yang sangat ampuh??
            “Ohh ada,, itu sangat mudah..
Gimana caranya?? Yang mudah dicari kalo bisa banhanya bu??
            “ nih untuk merawat wajah, agar wajah selalu kencang, tak ada bercak hitam, tak jerawat, bahkan bekas jerawat pun akan kabur, yaitu dengan rutin memakai masker lidah buaya setiap malam, sebelum tidur.
            “ untuk memutihkan wajah, bisa gunakan endapan air perasan beras, jadi saat beras di cuci, jangan buang airnya, terutama bilasan air yang pertama  dan yang kedua, endapkan air tersebut, dan nanti buang airnya, lihat dibawah wadah pasti ada sesuatu yang lengket mirip adonan tepung yang sudah kena air, nahh aci tersebutlah yang kita gunakan masker wajah alami, coba saja sendiri, ibu jamin hanya dalam beberapa minggu wajah kamu akan cerah, putih bersinar dengan sendirinya.

Rahasia lainya adalah jangan mudah stress, cepet tua, candanya, sambil tertawa,, Oh iya ini juga kamu harus tahu, jangan lupa minum teh setiap pagi, itu ibu wajibkan, kata orang tua zaman dulu mah sangat baik untuk membuang racun dalam tubuh.
Apa lagi ya?? Intinya selalu lakukan pola hidup sehat, dengan minum yang cukup, makan yang teratur, pola hidup yang sehat, tidur yang cukup, olahraga yang teratur, dan selalu perbanyak makanan makanan yang alami misal sayuran sayuran hijau, jadikan lalapan juga boleh, buah buahan.

Hikmah Yang Bisa Kita Petik Dari Kutipan Diatas  :
  • 1. Ilmu kecantikan itu sudah ada sejak lama, ternyata banyak sekali bahan keefketifan bahan alami tak kalah hebat daro produk kecantikan yang saat ini marak di pasaran.
  • 2. Dilihat dari salah satu sudut pandang lain, bahan alami memiliki harga yang murah, dan mudah untuk dicari.
  • 3. warisan jaman dulu untuk pengobatan dan kecantikan sangatlah banyak, beberpa contohnya adalah jamu, luluran dengan bahan alami, mandi kembang, meditasi, maskeran dengan lidah buaya, dan lain sebagainya
  • 4. Masih banyak yang perlu di ungkap, rahasia besar tentang kecantikan dan pengobatan di negeri, yang terkadang terjadi diluar nalar pemikiran, tetapi fakta dan hasilnya sudah banyak terbukti.
  • 5. Tak hanya kebutuhan jasmani yang perlu di penuhi, jasmani dan rohani saling keterkaitan, ada benang merah yang saling terkait, jika hati kita dalam keadaan senang dan damai, itu akan jelas terlihat pada wajah kita, begitu juga dengan sebaliknya
  • 6. pengobatan berbagai penyakit dengan bahan alami, sekarang banyak di ikuti dan menjadi trends alternatif, dan sudah banyak dibuktikan dengan banyaknya penelitian ilmiah yang membuat kita bertambah yakin tentang kemampuan bahan herbal yang waktu digunakan oleh nenek moyang kita, contohnya pengobatan diabetes dengan daun daun herbal yang penuh manfaat.

  • 7. Begitu juga dengan perawatan kencantikan, bahan yang dahulu saat jaman woneng digunakan sebagai bahan alami, sekarang banyak digunakan sebagai bahan utama berbagai produk kecantikan terkenal, sebut saja produk dengan bahan lidah buaya, belum lagi dari tanaman rimpang, contohnya adalah cream temulawak, sabun pepaya, merawat wajah dengan kosmetik mengandung bahan madu, dan lain lainya.


0 comments: